Berbagai Produk Unggulan Butur Dipromosikan di Stand Pameran Halo Sultra

image_pdfimage_print

 

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) menjadikan event Halo Sultra sebagai ajang untuk mempromosikan berbagai produk pertanian organik. Dimana, pada stand pameran berbagai macam produk unggulan pertanian organik dipampang seperti beras organik yang sudah berlisensi dan jagu kuning.

Selain produk pertanian organik, Pemkab Butur ikut memamerkan hasil kekayaan laut yang dimiliki yakni kepiting bakau besar dan akuarium terumbu karang beserta biota lautnya. Pada ajang pameran pesona Halo Sultra yang rencananya digelar dari tanggal 23 hingga 27 April 2018, Butur yang mendapatkan stand nomor urut 21.

Pameran pembangunan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 54 Sulawesi Tenggara (Sultra) ini melibatkan kabupaten/kota se Sultra yang dibuka secara resmi oleh Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi di tugu religius eks MTQ Sultra, Senin, 23 April 2018, malam.

Bupati Buton Utara Abu Hasan ditemui diselah pemeran mengatakan, daerah yang dipimpinnya itu memiliki potensi kekayaan laut. Misalnya saja terumbu karang yang cukup menarik.

“Terumbu karang itu bukan hanya ada di daerah Lian, tetapi itu ada di Buton Utara yang terumbu karangnya dijamin tidak kalah menarik,” katanya.

Kemudian, potensi kekayaan yang dimiliki yakni kepiting bakau besar yang saat ini jarang dijumpai di derah lain. Menurutnya, tempat hidupnya kepiting bakau itu hanya yang memiliki mangrove besar, dan itu ada di Butur.

Dijelaskannya, populasi kepiting bakau itu secara alami terus dijaga dan dilestarikan baik dengan tidak mengganggu mangrove yang ada.

“Tapi juga sudah ada yang membudidayakan dan itu berhasil. Sehingga saya jamin kepiting bakau Buton Utara ini akan dilestarikan dengan jumlah yang banyak,” tuturnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This