Busel Raih Penghargaan Icon Terbaik

image_pdfimage_print

– Karnaval Tenun HUT Sultra ke 54

Laporan : Hasrin Imi

Icon tokoh Gajah Mada yang ditampilkan kontingen Buton Selatan dalam acara festival tenun dalam rangka HUT Sultra ke 54 di Kendari

KENDARI,BP-Kabupaten Buton Selatan (Busel) dalam mendapat penghargaan sebagai daerah yang dengan Icon Terbaik dalam acara karnaval tenun tahun 2018. Penghargaan ini diberikan langsung Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi yang ditrerima Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Selatan Mukmin SPd MSi saat penutupan HUT Sultra ke 54 di pelataran MTQ Sultra akhir pekan lalu.

Kadis Pariwisata Busel, Mukmin SPd MSi kepada Baubau Post usai menrima penghargaan tersebut mengatakan, icon karnaval tenun dalam rangka peringatan HUT Sultra ke 54 Buton selatan menampilkan tokoh Mahapatih Gaja Mada.

Dikatakan, pemilihan icon Gaja Mada ini karena pihaknya berpikir yang paling menarik untuk ditampilkan adalah tketokohannya. Apalagi, setiap kerajaan di nusantara ini tokoh gaja mada ini masih merupakan misteri yang harus dipecahkan. Seperti di Buton Selatan konon kuburan tokoh ini (Gaja Mada-red) ada isana dan ini menjadi misteri yang harus dipecahkan bersama.

“Alhamdulilah dengan Icon yang kita angkat ini menjadi yang terbaik dalam karnaval tenun tahun ini,”katanya.

Untuk itu, kata Mukmin, dengan penghargaan ini tentunya menjadi tantangan kedepan untuk mengangkat budaya dan partiwisata Busel bisa lebih dikenal baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Komitmen saya kedepan bagaimana bidang kepariwisataan Busel lebih eksis dan dikenal baik itu bidang kebudayaan termasuk keindahan pulau pulau yang ada di Busel bisa menjadi objek wisata yang menjadi tujuan wisatawan nasional maupun mancanegara,”ungkapnya.

Ditambahkan, dengan rencana dan program kepariwisataan yang dirancang kedepan bisa berhasil. Apalagi, dengan dukungan Bupati Busel Agus freisal Hidayat serta masyarakat bersama sama membangun komitmen untuk membangun pariwisata di Busel.

“Saya yakin kita bisa memajukan pariwisata di busel dengan segala potensi yang ada. Dan yang paling penting adalah dukungan bersama pememrintah dan masyarakat sehingga pariwisata Busel bisa lebih maju lagi,”tutupnya.(***)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This