Lagi, Distan Butur Dapat Bantuan Tiga Unit Alsinta dari Kementan

image_pdfimage_print

 

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Dinas Pertanian (Distan> Kabupaten Buton Utara (Butur) kembali mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsinta) dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI. Sebanyak 3 unit hand tractor didapatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinahkodai Yusuf itu untuk menggenjot pertanian organik di daerah otoritas Abu Hasan ini.

Alsinta tersebut kini sudah tiba di Butur, bahkan sudah diserahkan secara simbolis dengan diterima langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Yusuf, Selasa (1/5). Sehingga dengan demikian, alat tersebut resmi menjadi aset Distan Butur.

Yusuf dikonfirmasi melalui pesan whatsapp mengatakan, dengan adanya bantuan itu, diharapkan bisa membantu petani mengolah lahannya. “Dulu harus antri meminjam hand tractor di kelompok tani, sekarang pelan pelan kebutuhan kelompok tani terpenuhi. Kemudian, masa persiapan tanam yang singkat bisa diantisipasi dengan alat-alat ini,” katanya.

Untuk pemanfaatannya, sambung mantan Camat Kambowa ini menggunakan model brigade. Dimana, akan berpindah-pindah tempat.

“Kelompok tani yang membutuhkan harus mengajukan usulan peminjaman. Sepanjang dimanfaatkan tetap di kelompok. Tidak dimanfaatkan kita pindahkan ke kelompok lain,” terangnya.

Distan Butur terus mendapat bantuan Alsinta dari Kementerian Pertanian. Hal itu tentunya sebagai dukungan atas pengembangan pertanian organik.

Luas lahan baru yang bakal dibuka tahun ini 5 ribu hektar. Menurut Yusuf, dengan luas lahan itu hasil pertanian sudah bisa swasembada beras, bahkan surplus.

Sebetulnya, Kementan memberikan peluang kepada Distan Butur untuk bisa membukan lahan baru seluas 21 ribu hektar. Akan tetapi, target itu tak bisa direaliasikan semuanya. Kendalanya, tak ada bantuan subsidi untuk pembersihan lahan. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This