Lantaran Belum Terima Gaji Selama 4 Bulan, Puluhan Honorer DLH Butur Mengadu di Polsek Kulisusu

image_pdfimage_print

 

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Sebanyak 47 orang dari 104 tenaga honorer lingkup Dinas Lingkungan Hidup (DLK) Kabupaten Buton Utara (Butur), belum menerima gaji sepersen pun tahun 2018 ini. Berdasarkan pengecekan di Bank, upah perbulan mereka yang bervariasi dari Rp 500 ribu hingga, Rp 1,2 juta dengan total kurang lebih Rp 85 juta, sudah dicairkan, bahkan saldonya sudah nihil.

Atas kondisi itu, puluhan pegawai magang itu mendatangi Kantor Polsek Kulisusu, Rabu, (2/5) dengan didampingi langsung Sekretaris DLH Butur, Muh Martin Nasir . Para petugas kebersihan ini datang mengadu untuk dicarikan solusi perihal gaji mereka itu yang tak kunjung dibayarkan.

Salah seorang tenaga honorer Saldin saat diwawancarai sejumlah awak media menerangkan, dirinya belum menerima gaji sedikit pun dari jerih payahnya yang tiap hari bertugas sebagai petugas penyapu jalan. “Saya bekerja sejak pukul 04.00 hingga 06.30 Wita. Kami harus meninggalkan rumah demi menunaikan tugas membersihkan sampah di jalan. Tapi, dari bulan Januari hingga saat ini belum terima gaji saya sebesar Rp 1 juta per bulan,” ujarnya dengan raut wajah sedih.

Mendapat laporan dari puluhan pegawai magang itu, Kapolsek Kulisusu Kompol Ahali berjanji bakal segera menindaklanjuti persoalan ini. Untuk bahan laporan dan bahan penyelidikan, pihaknya masih akan mengumpulkan bukti-bukti atau bahan keterangan, sesuai dengan laporan yang diterimanya itu.

“Kalau memang setelah dilakukan penyelidikan awal, kuat dugaan tindak pidana korupsi, kita koordinasi dengan Polres,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DLH Butur Tayeb saat ini belum dapat dikonfirmasi. Saat awak media ini bertandang ke kantornya, bersangkutan tak ada. Sedangkan dihubungi melalui melalui selulernya lagi di luar jangkauan alias tak aktif. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This