Listrik Padam di Pasarwajo Karena Pohon dan Hewan

image_pdfimage_print

Listrik Padam di Pasarwajo Karena Pohon dan Hewan- Dalam tiga bulan terakhir, padamnya listrik di Kecamatan Pasarwajo disebabkan karena pohon dan hewan liar. Demikian diungkapkan Manager PLN Rayon Pasarwajo, M Susgandinata ketika dikonfirmasi Baubau Post di Kantornya Rabu (02/05)

“Padamnya lampu dalam tiga bulan terakhir ini dikarenakan adanya gangguan pada jaringan listrik oleh pohon dan hewan,” jelasnya.

Susgadinata menyebutkan, terdapat jaringan kabel yang terganggu oleh dahan pohon. Sedangkan gangguan hewan seperti kelelawar kus-kus, tokek dan ular.

Menurutnya, Jaringan PLN sangat sensitif sekali karena tidak bisa disentuh oleh bahan yang bukan peralatan dari PLN. Pada Oktober 2017 lalu, pihaknya telah mempunyai pembangkit sendiri dengan kekuatan lima mega watt, sehingga bebas dari opemadaman bergilir.

“PLN Kabupaten Buton khususnya Pasarwajo sudah terhindar dari pemadaman bergilir, kecuali sifatnya pemeliharaan, misalnya trafo didaerah Banabungi harus dipelihara, itu harus padam,” katanya.

Pihaknya berharap agar masyarakat tidak menghalangi pihak PLN yang hendak melakukan pemangkasan dahan pohon yang menyentuh jaringan listrik. Karena salah satu sebab padamnya listrik adalah gangguan pohon.

“Diharapkan jika pihak PLN memangkas pohon atau ranting pohon dekat jaringan listrik, kalau bisa jangan dilarang, malah dibantu,” harapnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This