Rayakan Kelulusan, Siswa SMKN 1 Raha Ditilang

image_pdfimage_print

 

Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Banyaknya pelajar SMA sederajat yang merayakan kelulusan dengan melakukan konvoi menggunakan kendaraan, ditilang pihak kepolisian. Puluhan pelajar asal SMK 1 Raha ditilang Satuan Lalu Lintas Polres Muna.

Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Muna yang tengah melakukan operasi patuh Anoa 2018 disimpangan empat jalan Gatot Subroto tepat pada jalan Lampogu Kecamatan Katobu, terpaksa mengamankan puluhan kendaraan yang dipakai konvoi keliling dalam kota Raha.

Kasat Lantas, Iptu Jonathan saat ditemui saat memimpin operasi patuh, Kamis (3/5) menjelaskan pihaknya memberikan penindakan kepada para pelajar yang merayakan kelulusan dengan melakukan konvoi di jalan raya. Pasalnya kata dia sangat membahayakan bagi pengendara jalan lainnya, ditambah lagi kendaraan yang dibawa memakai knalpot racing hingga tidak memiliki surat-surat kendaraan (SIM).

“Para pelajar, tidak memakai helm hingga memakai knalpot racing (Bogar) dengan melakukan konvoi di jalan raya yang berpotensi membahayakan bagi pengendara lain sehingga kami (Satlantas) melakukan tindakan penilangan,” katanya.

Jonathan menyebutkan, sekitar 60 kendaraan yang melakukan konvoi, namun yang berhasil diamankan hanya sekitar 13 kendaraan, selebihnya melarikan diri.

“Motornya kita amankan dulu di kantor, nanti pemiliknya menghadap dikantor lalu diberi surat tilang, Penilangan dilakukan agar para siswa bisa jerah dan tidak ada lagi yang ugal-ugulan dijalan raya yang bisa membahayakan pengendara lainnya,” katanya.

Sementara salah satu siswa STM yang merayakan kelulusan yang sempat dikonfirmasi, Sawaludin mengaku sengaja melintasi jalan yang sementara Satlantas melakukan operasi patuh anoa 2018.

“Sengaja saja melintasi disini (Jalan Lampogu) bersama teman-teman dalam merayakan kelulusan,” singkatnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This