Dituding Ingkar Janji, Abu Hasan Didemo FKUU

image_pdfimage_print

Peliput: Darson

BURANGA,BP – Sekelompok pemuda yang mengatasnamakan Forum Kajian Undang-undang (FKUU) Kabupaten Buton Utara (Butur), menuding Bupati dan Wakil Bupati Butur Abu Hasan-Ramadio, ingkar janji. Olehnya itu, Senin (7/5) mereka mendatangi kantor DPRD setempat guna menagi janji dari pemimpin daerah paling utara Pulau Buton itu.

Sekolompok pemuda itu menilai pemerintahan Abu Hasan-Ramadio sejauh ini sudah gagal dalam menjalankan sebagian besar apa yang sudah menjadi visi misi keduanya. Diantara janji politik dimaksud, salah satunya soal pembukaan lapangan kerja. Dalam janjinya, bakal dibangun Badan Latihan Kerja untuk menampung pengangguran sebanyak 1.000 orang pertahun.

Dewan Pembina FKUU Butur, Julman Hijrah mengungkapkan, sampai saat ini janji tersebut belum juga terealisasi sedikitpun.

“Janji itu dari tahun pertama sampai menjabat hari ini, belum pernah di realisasikan Abu Hasan dan Ramadio. Bahkan, dalam Musrembang hal itu tidak pernah dibahas. Belum lagi janji-janji mereka lainnya,” kata Julman saat menyampaikan orasinya depan kantor DPRD Butur.

Bukan hanya itu, menurut Julman, Abu Hasan juga dianggap membangkang terhadap Undang-undang nomor 14 tahun 2007 tentang ibu kota Butur di Buranga. Dimana, janji Abu Hasan dalam kampanye akan memfungsikan Buranga, namun kenyataannya tak terealisasi.

Pihaknya, tambah Julman sengaja melakukan aksi tersebut untuk mengingatkan Abu Hasan-Ramadio agar tidak terlena dan tidak lupa dengan semua janji itu. Apa yang mereka lakukan itu, jelas dia bukan gerakan pokitik untuk kepentingan kelompok-kelompok tertentu.

“Bukan pula gerakan untuk menjatuhkan Abu Hasan dan Ramadio. Akan tetapi murni gerakan sosial yang dibangun untuk mengingatkan pemerintahan sekarang untuk segera memenuhi janji-janjinya,” tegasnya.

Sayangnya, hingga aksi berakhir tidak ada satupunanggota dewan yang menemui pihak pendemo.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Butur, La Nita mengatakan, saat ini para anggota dewan sedang melakukan perjalanan dinas keluar daerah. “Yang ada di Butur itu saat ini hanya pa Harwis. Tapi dia sekarang lagi ada acara keluarga juga sehingga tidak masuk kantor,” tutur La Nita.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Bupati Butur Abu Hasan membantah jika dirinya dan Ramadio dianggap gagal dalam menjalankan tugas dan visi misinya.

Abu Hasan berujar, soal visi misi sudah termuat dalam RPJM kurun waktu lima tahun lamanya. Saat ini apa yang menjadi visi misi mereka sebagian justru sudah dijalankan.

“Kalau mau dianggap itu gagal tentunya tidak tepat. Karena saya dan pak Ramadio ini baru terhitung dua tahun menjabat. Kalau belum optimal yah mungkin bisa jadi,” ujarnya

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu menuturkan, apa yang menjadi visi misinya bersama Ramadio adalah mewujudkan Butur yang aman, berbudaya, dan religius.

Pada aspek keamanan, dia sesumbar kurun waktu dua tahun ini Butur justru relatif aman. Tidak ada konflik di Butur yang mengganggu kehidupan masyarakat secara ekstrim baik itu konflik vertikal maupun horizontal.

“Kalau ada dinamika itu terkait aksi-aksi. Tapi itu tidak mengganngu keamanan dan stabilitas Buton Utara,” jelasnya.

Kemudian pada aspek berbudaya. Abu Hasan menyebut juga sudah berbuat. Pada konteks materil misalnya, dia dan Ramadio sudah melakukan pembenahan pada sejumlah aset-aset budaya yang ada.

“Contoh terkait pembenahan kareton, itu kita sudah lakukan. Kita juga sudah membangun dua rumah adat di Butur. Di Kulisusu dan Kulisusu Barat. Prinsipnya nilai-nilai budaya juga terus kita hidup-hidupkan,” akunya.

Selanjutnya pada aspek religius. Pada konteks ini dia dan Ramadio juga menaruh perhatian yang tinggi. “Saya sudah tunjukan di masyarakat Sultra dengan menghadirkan kegiatan mtq di butur. Kita juga membenahi tempat-tempat ibadah,” jelasnya.

Sementara itu, soal pembukaan lapangan kerja dia mengaku sudah punya rencana untuk dilakukan di tahun ke tiga masa pemerintahaannya. “Kalau soal yang itu Insya Allah workshop balai latihan kerja, tahun depan sudah akan kita lakukan,” imbuhnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This