KPU Optimis Seluruh Masyarakat Baubau Dapat Salurkan Hak Pilihnya

image_pdfimage_print

Peliput: Zul Editor: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP – Meski ribuan penduduk Kota Baubau belum terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau optimis semua masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya di Pilwali dan Pilgub.

Demikian diungkapkan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Mamnun La Idu kepada Baubau Post usai membawakan materi pada Pelatihan Linmas yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Aula Walikota Baubau Rabu (08/05).

“Semua masyarakat Kota Baubau yang berusia 17 tahun atau lebih pasti terdaftar di hari pemilihan, terlepas memiliki KTP atau tidak itu adalah langkah berikutnya, karena peserta wajib pilih harus warga Negara Indonesia dan penduduk asli Kota Baubau,” jelasnya

Pihaknya mengakui jika sebanyak 9830 wajib pilih di Kota Baubau yang terancam tidak dapat menyalurkan hak suaranya karena tidak terdaftar di Disdukcapil. Jumlah itu merupakan hasil kordinasi KPU dan Disdukcapil.

“Benar adanya 9830 penduduk tidak terdaftar elemen datanya di Disdukcapil, karena ini merupakan hasil kordinasi kami dengan Disdukcapil. Bisa dikonfirmasi saja pada Disdukcapil Kota Baubau,” ungkapnya.

Sebelumnya, data awal yang diidentifikasi terdapat 14.500 masyarakat yg belum memiliki KTP-el. Setelah divalidasi oleh Disdukcapil, sekitar 2700 pemilih masuk didata base kependudukan Kota Baubau namun belum memiliki KTP-el.

Sehingga masyarakat Kota Baubau diimbau untuk segera melakukan perekaman KTP-el di Disdukcapil, nanti akan dibantu oleh anggota PPS, PPL, maupun Panwascam. (#)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This