Terlambat Setor LPJ, Dana Desa Muna Terlambat Dicairkan

image_pdfimage_print

 

Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Keterlambatan menyetor Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2107, menjadi penyebab terlambatnya pencairan anggaran DD.

Kabid Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Muna Drs Budiman Syawal saat ditemui diruangannya, Rabu (9/5) menjelaskan pengajuan proses pencairan DD di Keuangan sekitar 20 Desa lebih. Sementara yang 100 desa lainnya belum mengajukan karena persoalan LPJ belum menyetor.

“Sekitar 20 Desa lebih yang sudah mengajukan permohonan tinggal menunggu proses pencarian, sementara desa lain ketika mengajukan pencairan harus menyetor LPJnya, untuk saat ini yang telah dievaluasi APBDesnya sudah 60 desa,” jelasnya.

Ia menyebutkan, penyebab keterlambatan pencairan DD karena persoalan tahap penyelesaian yang belum tuntas dipihak desa.

“Keterlambatan itu, karena ada sebagian desa menyebrang tahun menyelesaikan kegiatan, sehingga harus menyelesaikan pertanggungjawaban menunggu kegiatan selesai, namun ini dipastikan bulai Mei ini dicairkan semua” katanya.

Lanjut Syawal, Banyak desa yang menyelesaikan kegiatan harus menyeberang tahun, ini disebabkan karena proses pencairan terlambat masuk di rekening desa.

“Kegiatan 2017 bisa dilaksanakan di tahun 2018, namun sisa anggaran harus disilfakan, jadi 2018 tinggal dilanjutkan pekerjaannya,” tandasnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This