Anggota Koperasi di Buton Bakal Dibina

image_pdfimage_print

 

Peliput: Alyakin

PASARWAJO, BP – Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Buton khususnya di bidang ekonomi, Dinas UKM dalam waktu dekat bakal melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota koperasi di Kabupaten Buton.

Tercatat, sebanyak 178 koperasi di Buton aktif dan berbadan hukum tetapi mempunyai kelemahan khsus di skil. Sehingga dengan diberikan pembinaan, pengawasan dan penghargaan kepada koperasi atau usaha kecil menengah dapat meningkatkan ekonomi.

“Makanya melalui kegiatan pembinaan nanti diharapkan dapat memotivasi koperasi, koperasi berprestasi bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya,” kata Kadis UKM Buton, Murtaba Muru dikonfirmasi Baubau Post belum lama ini.

Dalam memberikan pembinaan akan diisi oleh pemateri yang handal di bidangnya. Diharapkan koperasi mampu menggali potensi yang ada di masing-masing wilayah tiap kecamatan. Koperasi itu berupa, koperasi nelayan, simpan pinjam, pertanian, serba usaha, koperasi PNS, koperasi wanita, koperasi pemuda, koperasi TNI Polri dan koperasi pesantren.

Selain itu, pembinaan awal sudah dilakukan pada 10 koperasi dan anggota koperasi nanti mampu bekerja lebih baik, sehingga bisa memberikan peluang usaha pada anggota dan masyarakat secara umum.

“Koperasi harus mampu memberikan kemandirian ekonomi bagi anggota. Sehingga dapat memberikan peluang kerja bagi mereka dengan usaha yang dikembangkan melalui Koperasi,” Katanya

Pembangunan koperasi di wilayah Kabupaten Buton kata dia, sangat dirasa oleh masyarakat. Pasalnya tiap koperasi sudah memiliki simpanan pokok dan wajib yang dijalankan anggotanya. Bahkan beberapa koperasi seperti Koperasi Rojak sudah memiliki modal hingga Rp 7 Miliar, Koperasi Bunga Mekar Rp 3 Miliar, KMP Bunga Teratai Rp 1 Miliar. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This