Debat Kandidat, Ajang Adu Visi Misi Lima Paslon Walikota Baubau

image_pdfimage_print

Peliput : Prasetio M Editor:Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP – Jelang waktu pemilihan kepala daerah Kota Baubau,Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau menyelenggarakan debat kandidat, yang dihadiri oleh lima Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Baubau untuk memaparkan visi misinya kedepan.

Momentum ini dimanfaatkan semua paslon untuk mempertahankan visi misinya untuk membawa Kota Baubau ke arah yang lebih baik jika kelak terpilih pada 27 Juni 2018.

Ketua KPU Kota Baubau Dian Anggaraini dalam sambutanya, sabtu (12/05) mengatakan, debat publik yang diselenggarakan oleh pihaknya hanya satu kali dengan tema membangun sinergitas mewujudkan Baubau yang berkemajuan dan berkeadaban. Materi debat publik sendiri yakni visi misi pasangan calon dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah dan menigkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pembanvunan didaerah, kota, Provinsi dan Nasional.

Dikatakan debat pulbil ini merupakan slalah satu upaya untuk menyebarluaskan profil, visi misi dan program Paslon dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga debat publik yang diselenggrakan oleh KPU Baubau merupakan reverensi bagi masyarakat Kota Baubau dalam menentukan pimimpinnya di lima tahun kedepan.
Selain itu debat publik ini juga merupakan pembelajaran politik kepada masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih. Dibalik Debat publik ini ada empat pinalis yang merumuskan masalah dan pertanyaan yang akan di ajukan kepada Paslon yaitu:
1. Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum
2. Prof. Ir. La Sara, PhD, M.Si
3. Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil, Phd
4. Prof. Dr. Hasanudin Buah, SE, M.Si

Untuk diketahui lima Paslon yang hadir yakni, nomor urut 1. Hj Roslina Rahim – Ld. Yasin Mazadu, nomor urut 2 Dr.H.AS. Tamrin, MH – Ld Ahmad Monianse, nomor urut 3 Hj. Wa Ode Maasra Manarfa, S.Sos,.M.Si – Ikhsan Ismail, calon nomor urut 4 H. Yusran Fahim – Drs.Ahmad MM, nomor urut 5 H. Ibrahim – Ilyas, S. Sos. Turut pula hadir Tiga Komisioner Panwaslu Baubau, Pj Walikota Baubau Hado Hasina, Kapolres Baubau AKBP Daniel Widya Mucharam SIk MPA, Kasdim 1413/Buton Mayor Inf Sumarji, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Baubau M. Rasul Hamid, SH, MH, Ketua DPRD Kota Baubau H Kamil Ady Karim SP dan sejumlah Kepala SKPD, tokoh masyarakat, tokoj adat, tokoh agama serta civitas Akademi. Jalannya suasana debat cukup meriah para paslon menampilkan sejumlah keunghilan program-kerjanya kedepan.

X

Pin It on Pinterest

X
Share This