Debat Kandidat Lima Paslon Miliki ‘Jalan Sendiri’Bangun Baubau

image_pdfimage_print

Catatan: Hasrin Ilmi
Debat kandidat lima Pasangan Calon (Paslon) Walikota-Wakil Walikota Baubau yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau sabtu malam (12/05) di gedung Maedani berjalan dinamis. Acara yang di siarkan langsung oleh salah satu televisi nasional tersebut menampilkan adu argumentasi semua paslon denagn visi dan misi atau ‘jalan sendiri’ setiap paslon untuk membangun Kota Baubau lima tahun yang akan datang.

Acara yang dimulai pukul 20.00 wita yang dipandu moderator diawali dengan penyampaian visi misi setiap pasangan calon secara singkat. Meski dengan waktu yang terbatas namun, setiap paslon mampu menuntaskan visi misinya secara singkat. Setiap pasangan calon juga mendapat suport dari pendukungnya dengan menyanyikan yel yel untuk memberi semangat kandidatnya dalam proses debat.

Yang menarik dalam acara ini salah satunya dalam sesi bertanya pasangan calon kepada pasangan lainnya. Dalam sesi ini setiap pasangan calaon baik calon Walikota dan Wakil Walikota diberi kesempatan yang sama untuk bertanya dan memperdalam apa yang menjadi visi misinya. Yang menarik ditunggu saat calon Walikota nomor urut 2 AS Tamrin bertanya kepada Calon Walikota nomor urut 1 Roslina Rahim yang tidak lain adik iparnya. Namun dengan sigap dan jelas pertanyaan tersebut dijawabnya. Begitu pula dengan pasalon lain saling menguji visi misi dan berjalan dengan tertib.

Dalam sesi terakhir semua pasangan calon diberi kesempatan untuk statemen penutup dalam penyampaian visi misi. Setiap paslon diberi waktu terbatas untuk menyampaikan. Paslon nomor urt 1, Roslina mengatakan Kota Baubau memiliki semua potensi dan sumber daya sehingga membutuhkan pemimpin yang kuat dan mempunyai ide cemerlang. Untuk itu, jika terpilih bersama pasangannya La Ode Yasin sudah siap lahir batin untuk mengantarkan Baubau lebih nyaman, lebih sejahtera dan lebih berbudaya.

Paslon no urut 2 AS Tamrin yang juga petahana mengaku dirinya siap mengemban amnah untuk periode keduanya. Dengan program empat pilar pembangunan yakni pembangunan sumber daya manusia, infrastruktur, pembangunan berbasis ekonomi kerakyatan serta untuk mencapai kesejahteraan itu tercipta tertib,aman, maju populer, indah dan lancar (Tampil). Ditambah lagi dengan program pembangunan yang sudah dilakukan saat memimpin Kota Baubau periode pertamanya telah banyak dirasakan masyarakat Kota Baubau.

Untuk paslon nomor urt 3 Wa Ode Maasra Manarfa mengatakan memilih kepala daerah tidak hanya visioner tetapi harus memiliki itegritas dan kredibilitas serta tegas dan santun dan menjadikan kota Baubau sebagai rumah bersama terus maju dan berdaya saing. Ditambah lagi dengan program bantuan RP 1,2 M setiap kelurahan untuk menghidupkan roda ekonomi masyarakat secara merata di Kota Baubau.

Sementara itu, Paslon Nomor urut 4 H Yusran Fahim mengatakan, ditengah banyaknya persoalan yang terjadi di Kota Buabau saat ini, dirinya bersama pasangannya H Ahmad telah mewakafkan diri untuk kesejahteraan masyarakat Kota Baubau. Pasangan pengusaha dan mantan birokrat ini siap lahir batin untuk membawa Kota Baubau lebih baik dari hari ini.

Sedangkan, paslon nomor 5, Ibrahim Marsela mengatakan, majunya dipilkada Baubau merupakan dukungan dari komponen masyarakat atau “koalisi rakyat”. Karena itu dia berharap kedepan harus melahirkan seorang pemimpin yang berutang sama rakyatnya dan harus dibayar lima tahun kedepan, bukan berutang sama lain-lain.
Meski berjalan memanas namun begitu dinamis berkembang acara debat kandidat pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota ini berakhir dengan tertib. Semua pasangan calon didampingi pendukungnya secara tertib meinggalkan lokasi debat dengan pengawalan ketat dari aparat Polres Baubau yang dipimpin langsung Kapolres AKBP Daniel Widya Mucharam SIK.

“Sebanyak 300 personil kita turunkan untuk mengamnakan jalannya debat kandidat,”singkatnya saat ditemui sebelum memimpin apel anggota Polres dan TNI yang turut mengankan jalannya debat. (***)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This