BKPSDM Buteng Akan Sidak Kedisiplinan ASN

 

Peliput : Alan

LABUNGKARI – Untuk meningkatkan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buteng berencana akan lakukan Inspeksi dadakan (Sidak) baik itu untuk pegawai struktural maupun pegawai fungsional tanpa terkecuali.

Kepala BKPSDM Buteng, Samrin Saerani saat dikonfirmasi diruangannya pada Senin, (14/5) mengungkapkan kinerja yang baik merupakan suatu syarat untuk tercapainya tujuan organisasi sehingga perlu diupayakan agar kinerja pegawai dapat ditingkatkan.

Untuk itu, BKPSDM Buteng akan Inspeksi Dadakan (Sidak) kedisiplinan pegawai mulai dari struktur terbawah misalnya dari tingkat kelurahan.

“Kedisiplinan Pegawai di Buton Tengah ini masih kurang dan berdampak pada efektifitas kinerja dan BKPSDM sudah mempunyai program untuk melakukan sidak dan mungkin kami mulai dari sturuktur yang langsung bersentuhan langsung dengan masyarakat misalnya tingkat kelurahan dan kecamatan,” bebernya.

Samrin menjelaskan, memiliki sifat disiplin ini merupakan sebuah keharusan agar dapat menjadi seorang pekerja yang baik yang akan berdampak positif kepada capaian kerja. Namun dalam hal ini, peningkatan kinerja bukanlah hal yang mudah karena banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja seseorang.

“Karena kita adalah badan yang menangani kepegawaian maka kami harus lakukan itu, jadi kita harus serius serta objektif dalam menilai karena akan ada sanksi yang akan diberikan,” jelasnya.

Persoalan sanksi, lanjut Samrin menjelaskan lagi bahwa sanksi tersebut ada beberapa tahap misalnya dari pemberian sanksi teguran (peringatan), penundaan kenaikan gaji berkala hingga ketahap penundaan kenaikan pangkat.

“Intinya kami akan turun lakukan sidak agar kedisiplinan pegawai dapat terukur baik, karena ini adalah tugas kami,” pungkasnya.