Kepala Bappeda Wakatobi Mengundurkan Diri

Peliput: Duriani
WAKATOBI – Beberapa hari terakhir ini berhembus kabar jika Kepala Badan Perencana, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Wakatobi, DR Saediman, mengundurkan diri dari jabatannya.
Kabar pengunduran itu dibenarkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Wakatobi, La Ode Sahrumu. Menurutnya, meskipun pengunduran diri secara resmi belum ada. Namun yang bersangkutan telah berniat dan telah mendapat respon balik pihak Pemkab Wakatobi.
“Yang bersangkutan belum mengajukan pengunduran diri secara resmi, namun niat itu telah direspon Pemkab Wakatobi,” ungkap La Ode Sahrumu, ditemui di kantornya Selasa (15/5/2018).
Niat pemgunduran diri itu, La Ode Sahrumu mengatakan belum mengetahui secara pasti apa sebabnya. Namun pihak Pemkab Wakatobi sangat menyayangkan dikarenakan yang bersangkutan merupakan putra daerah yang memiliki kompetensi terlebih berasal dari dunia pendidikan (Kampus, red).
“Kita juga belum tau apa alasan pengunduran diri beliau. Namun sangat disayangkan karena beliau adalah putra daerah yang punya kompetensi terlebih dari dunia kampus dengan gelar Doktor,” ujar Plt Kepala BKSDM Wakatobi.
La Ode Sahrumu, berharap sebagai putra daerah harusnya ikut bersama-sama berkontribusi membangun daerah. Namun jika alasannya itu juga untuk membangun daerah sudut pandang lain maka itu harus dihargai.
“Orang seperti Pak Saediman diharapkan untuk bersama-sama membangun daerah, namun jika pilihannya seperti itu maka kita juga harus menghargainya. Tidak bisa kita tahan-tahan karena itu haknya,” jelas La Ode Sahrumu.
Saat itu lanjut La Ode Sahrumu, pihaknya sedang menunggu surat pengunduran diri resmi untuk kemudian diproses. Agar Pemkab Wakatobi bisa mengambil langkah selanjutnya. “Kita sedang tunggu surat pengunduran resmi untuk kemudian kita proses penggantinya entah melalui lelang jabatan atau penunjukkan Plt,” ucap La Ode Sahrumu.
Untuk diketahui, DR Saediman menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda Wakatobi terhitung mulai Januari 2017. Kurang lebih hampir satu tahun, DR Saediman mengikuti proses lelang jabatan dilingkup Pemkab Wakatobi. Dan akhir Desember 2017, DR Saediman dilantik menjadi Kepala Bappeda devinitif Kabupaten Wakatobi.