Pilgub, Paslon AMAN Menang di Wakatobi

image_pdfimage_print

Peliput: Duriani
WAKATOBI, BP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi menetapkan pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi – Lukman Abunawas, sebagai peraih meraih suara terbanyak di Kabupaten Wakatobi.
Kemenangan paslon dengan symbol Aman tersebut, dipastikan setelah KPU Kabupaten Wakatobi melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara tahun 2018 tingkat Kabupaten Wakatobi, Rabu (4/7/2018) malam.
Paslon yang diusung beberapa partai politik (parpol) koalisi meraih suara 26.020. Peraih suara terbanyak kedua diraih paslon nomor urut dua Asrun – Hugua sebesar 21.931. Paslon Rusda Mahmud-Syafei Kahar menempati posisi ketiga dengan raihan suara 3.229.
Ketua KPU Kabupaten Wakatobi, Abdul Rajab, mengatakan partisipasi pemilih di Kabupaten Wakatobi dibawah target nasional. Sementara pihaknya jauh hari telah melakukan berbagai macam sosialisasi bahkan masyarakat kategori pedalaman pun dilakukan.
“Partisipasi pemilih di Pilgub tahun 2018 ini hanya 67.75 persen. Ini dibawah target secara nasional yakni 75 persen. Animo masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya sangat menurun. Kita juga telah melakukan sosialisasi jauh sebelum pelaksanaan Pilgub,” kata Abdul Rajab.
Untuk diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Wakatobi sesuai model A3-KWK berjumlah 77.143. Sedangkan pemilih dalam PPL model A4-KWK sebanyak 227. Jumlah itu bertambah dengan pemilih PTh/KTP-el/surat keterangan model A.Tb-KWK sebanyak 800. Dari jumlah tersebut total yang menyalurkan hak suara sebesar 51.726.

X

Pin It on Pinterest

X
Share This