image_pdfimage_print

 

Peliput: Darson

BURANGA- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Utara (Butur) mencatat sebanyak 41.143 jiwa atau 94, 83 persen telah melakukan perekaman dan mengantongi tanda pengenal berbasis elektronik. Jumlah yang cukup tinggi itu bisa dicapai karena dinilai kesadaran masyarakat untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis elektronik cukup tinggi.

Kepala Disdukcapil Asri ditemui di ruang kerjanya, kemarin mengatakan, untuk saat ini ketersedian blanko e-KTP elektronik cukup aman.

“Kesadaran warga cukup tinggi untuk memiliki E-KTP. Untuk jumlah blanko tersedia saat ini 10 ribu keping,” katanya.

Kemudian, jumlah masyarakat belum mengurus e-KTP sebanyak 2.241 orang. Setelah dicek, ke lapangan 1.612 identitas orangnya tidak ada.

Olehnya itu, Asri mengharapkan kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman segera mendatangi instansinya itu. Diungkapkannya, pelayanan dibuka setiap jam kantor Senin-jJumat pukul 08.00-16.00 wita.

Asri mengungkapkan, pihaknya menemukan sebanyak 325 identitas ganda. Selain itu, 304 masih mengantongi identitas surat keterangan (suket).

Untuk menekan jumlah masyarakat belum memiliki e-KTP, Asri menambahkan anggotanya turun langsung ke desa-desa. Meskipun, ujar dia tak setiap bulan hanya dalam waktu tertentu.

“Warga yang datang merekam akan tak akan pernah habis. Olehnya itu, stok blanko harus terus tersedia. Setiap hari pasti ada warga telah berusia 17 tahun. Jadi pasti akan mengurus KTP,” imbuhnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This