Penerapan Sistem Zonasi di SMPN 17 Tidak Efektif

image_pdfimage_print

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP – Penerapan sistem Zonasi sekolah pada penerimaan siswa baru di SMPN 17 Baubau tidak berjalan efektif. Pasalnya, mayoritas siswa Kota Baubau masih memborongi sekolah favorit.

Kepala SMPN 17 Baubau, Drs Sahril MM saat dikonfirmasi Baubau Post, Senin (09/07) mengatakan, sistem zonasi adalah program untuk membatasi jumlah siswa yang mendaftar, agar tidak tertumpuk di sekolah-sekolah favorit.

“Sistem zonasi tidak berjalan efektif karena tidak merubah mindset dan animo siswa dalam menentukan pilihan untuk bersekolah. Masih banyak siswa yang mendaftarkan diri untuk bersekolah di sekolah favorit,” katanya.

Menurut Sahril, sekolah akan berjalan efektif bila mendapatkan dorongan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Baubau. Misalnya dalam pengadaan Sumber daya tenaga pengajar, menejer serta pengadaan fasilitas sarana pendukung lainnya.

“Kita berusaha untuk meningkatkan kualitas sekolah, dan harusnya ada kewajiban pemkot, yaitu menyetarakan pengadaan fasilitas sekolah, seperti sumber daya pengajar, menejer dan sarana pra sarana. tutupnya (#)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This