Tingkatkan Budi Daya Ikan Kerapu FPIK Unidayan Kenalkan Pakan Komersil di Buteng

Peliput: Gustam

LABUNGKARI, BP – Menggenjot kualitas budi daya ikan kerapu di Desa Watorumbe Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau memperkenalkan pakan melalui Hibah Program komersil alias pelet buatan. Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) itu, FPIK Unidayan mengajak masyarakat menyaksikan langsung kualitas pelet buatannya. Ketua Tim PKM FPIK Unidayan Supasman Emu mengatakan, pihaknya sengaja memperkenalkan program tersebut kepada masyarakat Kabupaten Buteng, mengingat masyarakat Kabupaten Buteng yang masyoritas bermata pencaharian nelayan.

Selain itu, Supasman menilai, budi daya ikan kerapu di daerah tersebut belum maksimal, dikarenakan kurangnya ketersediaan pakan. Masyarakat lebih menggunakan pakan ikan rucah yang dimana memiliki kadar karbohidrat dan lemak yang rendah.

“Pakan komersil mempunyai banyak keunggulan. Selain itu stoknya juga selalu ada dan terjangkau. Kami berharap program ini bisa membantu masyarakat, sehingga masyarakat tidak tergantung pada pakan alami,” katanya. Atas kesuksesan program tersebut Tim PKM FPIK Unidayan, mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unidayan Baubau Ir LM Sjamsul Qamar MT yang telah mendukung dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dimana hal itu masuk dalam salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Ucapan terima kasih juga, kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang telah mendanai kegiatan ini, serta para kelompok budi daya di Desa Watorumbe yang menjadi mitra,” ucapnya. (*)