Genjot KLA, DP3A Sosialisasikan Kebijakannya

image_pdfimage_print

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP – Kota Layak Anak (KLA) terus digenjot Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Pemkot Baubau menggelar sosialisasi kebijakan KLA di Aula Kantor Wali Kota Baubau, senin (06/08).

Kegiatan yang dihadiri sejumlah anak dan orang tua itu, dibuka resmi Wali Kota Baubau Hado Hasina, dengan Septi Peni Wulandani dan Dodik Hariyanto sebagai pembicara.

Kepada sejumlah agak media, Kepala DP3A Kota Baubau Wa Ode Soraya menjelaskan, KLA merupakan program Kementerian Pusat dalam menjadikan seluruh kota di Indonesia peduli anak.
“Ini program Kementrian Pusat dan kami meneruskannya di daerah. Jadi nantinya, semua kota di Indonesia sudah harus menjadi KLA,” jelasnya.

Program tersebut, kata Soraya, sudah digagas sejak tahun lalu. Diharapkan, tahun depan Kota Baubau telah menjadi KLA. “Tahun kemarin kami sudah gagas, cuman ini sistemnya bertahap. Insya Allah tahun depan kita meraih predikat level pratama,” katanya.

Lanjut Soraya, materi urgen dalam sosialisasi tersebut adalah bagaimana memenuhi hak-hak anak. Orang tua diharapkan berperan penting dalam mendukung kreatifitas anak.

“Bagaimana pemenuhan hak anak, termasuk dengan perlindungan anak. Pemerintah sebagai mediasi. Memang dibutuhkan ruang terbuka, tempat anak-anak mengeluarkan aspirasinya,” paparnya.

Sementara itu, Septi Peni Wulandani dalam materinya mengatakan, orang tua mesti memahami metode dalam mendidik anak. Sehingga, anak merasa nyaman dalam didikan orang tuanya.

“Orang tua itu harus menggunakan metode. Bagaimana itu mendidik anak, dengan mengikuti mau si anak,” tandasnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This