Lembaga Pendidikan Setingkat PAUD dan PNF di Wakatobi Dilakukan Visitasi Akreditasi

image_pdfimage_print

 

Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Tim Asesor BAN Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Provinsi Sulawesii Tenggara (Sultra) beberapa waktu lalu melakukan visiitasi akreditasi untuk delapan lembaga setingkat PAUD dan PNF di pulau Tomia Kabupaten Wakatobi.
La Umuri, satu dari dua tim asesoris yang ditugaskan di Kabupaten Wakatobi mengungkapkan jika delapan lembaga pendidikan yang dilakukan visitasi akreditasi itu terdiri dari dua kelompok yakni Taman Kanak-Kanak (TK) dan PNF.
“Ada delapan lembaga yang dilakukan visitasi akreditasi yakni setingkat PAUD seperti TK/RA, Kelompok bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA), dan Satuan Paud Sejenis (SPS). Kemudian setingkat PNF yakni lembaga Kursus, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta Sanggar Kegiatan Belajar (SKB),” ungkap La Umuri, di Wangi-Wangi Rabu (1/8/2018).
Dari semua lembaga pendidikan setingkat PAUD dan PNF itu lanjut La Umuri, tidak semua dilakukan visitasi akreditasi. Tergantung pengusulan lembaga pendidikan bersangkutan, karena terkait dengan kesiapan dokumen standaru dibutukan.
“Di Wakatobi, lembaga pendidikan setingkat PAU dan PNF ini ada 100 lebih. Namun yang mengusul untuk dilakukan visitasi akreditasi hanya 87 lembaga. Dari 87 lembaga itu dilakukan verifikasi sehingga yang lulus administrasi tahap pertama hanya 30 lembaga. Ini semua akan diverifikasi sehingga memenuhi delapan standar pendidikan nasional,” ucap La Umuri.
Menurut La Umuri, kesiapan pengelola lembaga pendidikan setingkat PAUD dan PPNF di pulau Tomia untuk dilakukan visitasi akreditasi sangat luar biasa. Pasalnya saat tim asesoris tiba di pulau Tomia, penyambutan oleh setiap lembaga pendidikan menyerupai kunjungan kepala daerah.
“Untuk pulau Tomia, pengelola lembaga pendidikan semangatnya luar biasa. Kita disambut dengan tarian tradisonal yang dilakonkan peserta didik dan disaksikan seluruh dewan guru dan orang tua peserta didik. Ini salah satu indicator bahwa pengembangan lembaga pendidikan setingkat PAUD dan PNF di pulau Tomia berkembang,” ujarnya.
Untuk diketahui, lembaga pendidikan setingkat PAUD di Kabupaten Wakatobi terdiri dari 111 gedung TK, 49 KB, 1 TPA. Untuk PNF terdiri dari 9 lembaga kursus, 9 PKBM dan 1 SKB. Dan satu-satunya lembaga kursus yang sudah terakreditasi di Kabupaten Wakatobi yakni LKP Yayasan Nurul Jadid Wakatobi. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This