Pemkab Butur Gelontorkan Dana Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu

image_pdfimage_print

 

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) kembali menggelontorkan bantuan anggaran pendidikan bagi mahasiswa yang kurang mampu, baik itu yang menempuh S1 maupun S2 dari berbagai universitas negeri atau pun negeri. Jumlah beasiswa tersebut sebesar Rp 500 juta bersumber dari APBD 2018.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut, mahasiswa terlebih dahulu harus mengajukan proposal ke Pemda setempat. Proposal yanf diusulkan itu akan diseleksi. Pasalnya, penerima beasiswa ini diprioritaskan bagi mahasiswa yang benar-benar ekonominya kurang mampu dan masih aktif kuliah.

Sekda Butur Muh Yasin ditemui di kantornya, Kamis (2/8) mengatakan, pihaknya tidak membatasi proposal usulan yang masuk sepanjang syaratnya memenuhi kriteria.” Tapi kita seleksi kembali, mana yang layak diberikan dan mana yang tidak. Kalau orang tuanya PNS kita tidak akan berikan bantuan itu,” katanya.

Untuk saat ini, tambah mantan Kepala Dinas Koperasi Butur ini tercatat kurang lebih 129 orang mahasiswa yang telah mengajukan proposalnya. Itu dengan latar belakang ekonomi yang beragam.

Besaran jumlah yang diterima masing-masing mahasiswa, Yasin belum bisa merincikan secara pasti. Sebabnya, alas dia dana yang tersedia, akan dibagi dengan jumlah usulan diterima.

“Pembagianya juga akan berbeda. Tergantung dengan tingkat pendidikanya,” ujarnya.

Pria yang pernah juga menjabat Kepala Dinas Butur ini mengaku, tak Pemda tak bisa mengakomodir seluruh mahasiwa Butur kurang mampu yang menempuh jalur pendidikan di berbagai Universitas di Indonesia. Dengan demikian, penerima bantuan akan dilakukan secara bergilir. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This