Selama 3×24 Jam, KPU Baubau Akan Tetapkan Kemenangan Paslon Tampil Manis

Dr HAS Tamrin MH dan La Ode Ahmad Monianse Jadi Walikota-Wakil Walikota Terpilih

BAUBAUPOST.COM, JAKARTA- Pasca putusan MK yang menolak gugatan Pemohon, maka sesuai dengan aturan yang ada maka paling lambat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau akan menetapkan Pasangan Calon (Paslon) terpilih paling lama tiga hari setelah putusan dismissal MK.

Demikian dikatakan Ketua KPU Baubau Edy Sabara yang baru saja mengikuti sidang putusan dismissal di MK, Jumat (10/08). Edi Sabara sebagai pihak termohon mengaku optimis gugatan Paslon HYF-Ahmad dan Paslon Rossy akan ditolak oleh MK.  Edy Sabara menilai MK memang benar-benar konsisten menjalankan empat hal yaitu melihat secara jernih terkait legal standing pemohon, lalu memperhatikan waktu pendaftaran permohonan, kemudian kewenangan MK sendiri, dan terakhir tentu melihat ambang batas suara yang dipersyaratkan.

“Dasarnya jelas mengacu pada pasal 158 terkait jumlah selisih suara antara Paslon peraih suara terbanyak dengan urutan kedua. Kalau untuk Kota Baubau, sudah jelas selisih antara Tampil Manis dan HYF-Ahmad yaitu 4,77 persen,” ucapnya.

Kalau dilihat dari selisih suara, lanjutnya, maka minimal kasus Pilkada Baubau tahun 2018 selisihnya harus mencapai 1.500an. Padahal lanjutnya selisih suara antara Tampil Manis dan HYF-Ahmay sekita 3600an.

Edi Sabara mengatakan, pihaknya akan segera melakukan rapat pleno penetapan Paslon terpilih terhitung tiga hari setrl;ah MK melakukan pembacaan putusaan.
“Kalau dihitung putusan MK pada hari ini (Jumat 10/08-red) maka kami akan menetapkan Paslon Walikota dan Wakil Walikota terpilih paling lambat Senin (13/08). tuturnya. (AT/ISTIMEWA)