Masyarakat yang Mendaftar Pingit, Tandaki dan Padole-dole Membludak

image_pdfimage_print

 

Peliput: Alyakin

PASARWAJO, BP – Masyarakat Kabupaten Buton yang mendaftar sunat/tandaki, pingit dan padole dole Membludak dari jumlah 200 rrang yang ditargetkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Festival Budaya Tua (FBT) di Kabupaten Buton.

Membludaknya pendaftaran pada rangkaian kegiatan FBT yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton pada 23-26 Agustus mendatang merupakan antusias masyarakat untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“Yang tadinya sunatan massal ditargetkan 200 orang ini membludak lebih dari itu, yang pingitan membludak, yang tadinya 200, tapi yang mendaftar banyak sekali begitu juga dengan padole-dole,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Zainuddin Napa, Senin (20/08).

FBT yang setiap tahun diselenggarakan di Kabupaten Buton di alun-alun perkantoran tawaka untuk mengangkat kembali budaya adat Buton yang mulai punah serta meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, misalnya pedagang kaki lima.

“Jadi kegiatan budaya/adat yang mulai hilang kita bangkitkan kembali tapi berimbang dengan sektor ekonomi,Manfaatnya untuk orang banyak,” katanya

“Yang tadinya pedagang kaki lima setiap harinya mendapatkan omzet ratusan ribu, tapi dengan adanya kegiatan Festival Budaya Tua bisa mencapai jutaan,” tuturnya.

FBT telah diatur dalam Perda Kabupaten Buton. Dengan adanya kegiatan ini menambah semarak dan ramainya Kabupaten Buton, selain wisatwan lokal terdapat pula wisatawan mancanegara.

“Kita menjadi perhatian nasional karena kegiatan tersebut berstandar Nasional,” ujarnya.

Zainuddin Napa menambahkan, dua hari lalu (Sabtu-Red) kapal wisatawan dari mancanegara sudah memasuki teluk Pasarwajo untuk menyaksikan kegiatan FBT. Jumlah kapal yang datang delapan unit dengan jumlah 16 orang.

Para wisatawan asing ini telah bersilatuhrahmi dengan Kepala Dinas Pariwisata, Zainuddin Napa di Kantornya Kemarin (Minggu-Red). Kehadiran mereka tidak diundang oleh Pemda melainkan datang atas inisiatif sendiri. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This