Tangkapan Berkurang, Dinas Perikanan Berencana Buat Budidaya Ikan

 

Peliput: Alan

LABUNGKARI, BP – Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Perikanan Buteng berencana buat budidaya ikan air laut.
Pasalnya hasil tangkapan nelayan mulai bekurang.

Sebagai langkah awal, pihaknya akan menempatkan budidaya tersebut di teluk lasongko dan teluk liana banggai.
Kepala Dinas Perikanan Buteng, Rijal SE saat dikonfirmasi beberapa hari yang lalu menuturkan, penangkapan ikan laut secara berlebihan membuat jenis ikan mulai kekurangan suplai di pasaran. Oleh karena itu, budidaya ikan air laut merupakan salah satu strategi untuk mencukupi kebutuhan konsumen akan ikan air laut.

“Tahun ini, kami akan buat budidaya percontohan di dua kecamatan yakni kecamatan Lakudo dan Kecamatan Mawasangka Tengah, lebih tepatnya di teluk lasongko dan teluk liana banggai,” tuturnya.

Atas itu, Rijal menjelaskan, agar budidaya dapat dilakukan dengan baik dan berhasil maka harus dilakukan perawatan dan pemeliharaan karena program ini bertujuan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Idealnya budidaya ini harus dilakukan dilaut secara langsung dengan menggunakan kolam apung atau keramba, kami akan terus berupaya mendampingi masyarakat agar dapat melihat secara bersama sampai sejauh mana tingkat keberhasilannya,” pungkasnya penuh yakin.

Sekedar diketahui, selain budidaya ikan, Dinas Perikanan Buteng juga sudah mempersiapkan budidaya kepiting bakau yang akan ditempatkan di desa Tanailandu Kecamatan Mawasangka. (*)