Mulai September Panitia BDT Dinsos Butur Bekerja

image_pdfimage_print

 

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buton Utara (Butur) bakal melakukan validasi ulang data warga miskin yang dikeluarkan Badan Statistik tahun 2011. Pasalnya, data tersebut sudah mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun, hingga pada tahun 2018 ini.

Untuk mensukseskan program pendataan ulang tersebut, Dinsos sudah membentuk panitia Basis Data Terpadu (BDT). Rencananya, validasi data tahap awal akan dimulai September hingga Oktober.

Kepala Dinsos Butur Muliana saat ditemui di Ereke, kemarin mengatakan, BDT akan mulai bekerja bulan depan hingga Oktober mendatang. Kata dia, hasilnya akan dikirim ke Kementrian Sosial.

Berdasarkan data Statistik tahun 2011, warga miskin di Butur berjumlah 45 ribu jiwa. Data ini telah mengalami banyak perubahan di tahun 2018.

“Yang kami kejar tahun 2019 tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak masuk BDT,” kata Muliana.

Panitia BDT, sambung mantan Asisten I Setda Butur ini sudah siap melakukan pendataan. Bukan hanya itu, pembentukan pendamping di setiap kecamatan, desa dan kelurahan sudah akan dilakukan.

BDT ini, terang dia sangat dibutuhkan. Pasalnya, jelasnya selama tidak masuk dalam BDT, warga miskin tidak akan mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui dana APBN.

Dimana, untuk menentukan seseorang masuk dalam kategori miskin atau tidak, harus melalui musyawarah desa/kelurahan. “Jadi datanya akurat, sehingga pada saat pemberian bantuan tepat sasaran,” tegasnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This