Sebagai Warga Kehormatan Ciacia Laporo, Dr HAS Tamrin Beri Sambutan di Pesta Adat Mata’a

image_pdfimage_print

BAUBAU, BP-Pesta adat Mata’a yang diselenggarakan masyarakat Sorawolio mengundang khusus Walikota Baubau terpilih Dr HAS Tamrin, MH, Rabu (29/08). Pada kesempatan itu, Dr HAS Tamrin memberikan kata sambutan dihadapn tokoh adat, tokoh masyarakat, masyarakat Ciacia Laporo, dan para undangan.

Dalam sambutannya Dr HAS Tamrin mengatakan mengetahui betul bila masyarakat di Sorawolio selalu melaksanaan pesta adat mata’a dalam suasana keakraban dan kebersamaan di Baruga Bugi. Dia pun mengucapkan rasa syukur karena acara itu sudah dilaksanakan meskipun banyak pejabat daerah di Baubau yang diundang tapi belum sempat menghadiri.

Walikota baubau terpilih Dr HAS tamrin MH menghadiri pesta adat mata’a di kelurhan Bugu, Kecamatan Sorawolio Foto Ardi Toris

“Mungkin masih ada tugas penting yang mereka harus hadiri dan kita harus maklumi. Namun saya kira tidak mengurangi kesakralan dari acara adat mata’a ini. Karena ini juga masih dalam suasana lebaran Idul Adha maka saya juga mengucapkan selamat merayakan lebaran Idul Adha sekaligus saya mohon maaf lahir dan bathin,” ucapnya.

Pesta adat Mata’a tahun ini mengambil tema ‘Posambua Sebagai Implementasi Rasa Syukur dan Saling Berbagi dalam Kehidupan masyarakat Ciacia Laporo, demi Menyokong Pembangunan Sumber Daya Manusia Kota Baubau yang Berkarakter, Bermartabat, dan Berbudaya. Menurut doktor ilmu pemerintahan itu tema ini merupakan tujuan yang harus dicapai utamanya untuk SDM yang berkarakter, bermartabat, dan berbudaya.

“Kemarin saya dibawakan undangan oleh Pak camat, lalu saya disampaikan diberi ruang untuk memberikan kata sambutan. Saya bilang sekarang ini saya belum dilantik jadi Walikota, mungkin belum bisa saya bawakan kata sambutan. Lalu Pak Camat mengingatkan saya bahwa kehadiran sayadalam pesta adata mata’a ini adalah sebagai warga kehormatan karena pernah dinobatkan oleh para tokoh adat di Sorawolio. Buktinya baju adat yang saya pakai ini diberikan langsung oleh para orang tua kita di sini. Jadi baju ini saya tidak jahit sendiri,” katanya menceritrakan kisahnya.

Dr HAS Tamrin pun merasakan adanya ikatan bathin dengan masyarakat Ciacia Laporo yang ada di Sorawolio. Sebagai bukti ikatan bathin itu, lanjutnya, ketikan dia memimpin Kota Baubau pada periode pertama masyarakat Sorawolio sudah bisa merasakan bagaimana perhatiannya dalam mewujudkan pembangunan di Kecamatan Sorawolio dalam suasan damai dan dalam bingkai nilai-nilai PO5.

“Tentu tahun depan insya allah pesta adat mata’a ini akan lebih ramai dan lebih semnarak lagi. Insya Allah tanggal 20 September 2018 nanti walikota Baubau sudah dilantik dan kita akan semarakan lagi acara-acara budaya seperti ini, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita, jangan dipaksakan biarkan dia mengalir saja, yang dibutuhkan adalah kekompakan dan kebersamaan kita,” tuturnya. (AT/ISTIMEWA)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This