Abu Hasan Janji Mekarkan Dua Kecamatan Sebelum Masa Jabatannya Selesai

image_pdfimage_print

Peliput: Darson

BURANGA, BP- Sejumlah Aktivis dan masyarakat Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur) mendatangi sekertariat pemerintah daerah Buton Utara (Butur), Kamis (30/8). Kedatangan mereka menyampaikan aspirasi mendesak Bupati Butur Abu Hasan agar segera memekarkan Kecamatan Kulisusu Pesisir Utara.

Korlap aksi Muh Asnawi Sahadia dalam orasinya mengungkapkan, bahwa, sebagai putra daerah atau putra desa di Kecamatan Kulut khususnya Kulisusu Pesisir Utara mempunyai dan memiliki hak untuk menyampaikan aspirasi.

“Bahwa pada hari ini kita akan menyampaikan sebuah keinginan dan kemauan masyarakat yang ada di Kulisusu Pesisir Utara, ingin menjadi sebuah wilayah otonomi, mandiri berdasarkan UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemekaran kecamatan, Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2008 tentang teknis pelaksana pemekaran, setelah melalui kajian-kajian yang dianggap ketiaka dilakukan secara akademis akan memenuhi syarat dan unsur menjadi sebuah kecamatan untuk dimekarkan,” terang Asnawi di halaman sekertariat daerah.

Advokat Butur ini mengungkapkan, pemekaran Kulisusu Pesisi Utara harga mati. Kata dia, gerakan menyuarakan pemekaran tersebut awal yang semestinya harus diberikan dukungan dan apresiasi moral oleh masyarakat Kulisusu, yang sebenarnya masih memiliki keluarga dan sahabat yang berada dan bertempat di Kulisusu pesisir utara Kabupaten Buton Utara.

Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan saat menerima demonstran mengatakan, ada dua wilayah yang memang bisa diproses sebelum selesai masa jabatannya. “Pertama Kulisusu Selatan sudah berproses, kendala tinggal satu, kurang dua desa,” ujarnya.

Olehnya itu, kata Abu Hasan, menyarankan untuk segera melengkapi tiga persyaratan dasar seperti jumlah penduduk, luas wilayah dan cakupan desa dan kelurahan, kemdian dilanjutkan persyaratan teknis dan adiminstrasi.

“Sekarang saya tunggu, Kulisusu Selatan persoalannya yang memuat tiga persoalan tadi dan saya sudah mengencek ada beberapa desa akan dimekarkan untuk memenuhi persyaratan itu. Sama dengan Kulisusu Pesisir Utara, kalau dasar cakupanya tidak cukup kita cari desa yang besar untuk dimekarkan cepat, tapi itu sudah urusan saya,” imbuhnya.(*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This