Ali Mazi akan Lantik Tamrin-Monianse Tanggal 12 September

image_pdfimage_print

Dr HAS Tamrin: Saya Tetap Berharap Dilantik di Baruga Keraton

BAUBAU, BP- Waktu kepastian kapan Walikota dan Wakil Walikota Baubau terpilih Dr HAS Tamrin MH- La Ode Ahmad Monianse dilantik akhirnya terjawab setelah kepala Biro pemerintahan Provinsi Sultra Ali Akbar mengatakan pihaknya secara lisan sudah mendapatkan informasi itu dari staf kementrian dalam negeri dan pihaknya tinggal menunggu surat resmi.

“Konfirmasi lisan itu kami dapatkan terkait dengan adanya pelantikan jadwal gubernur dan Wagub terpilih periode 2018-2023 sekaligus jadwal pelantikan bupati/Walikota terpilih secara serentak pada Pilkada 2018. Jadi termasuk walikota Baubau akan dilantik tanggal 12 September 2018 bersamaan dengan Bupati Konawe,” tuturnya.

Walikota Baubau terpilih Dr HAS Tamrin MH ketika dikonfirmasi berkaitan dengan jadwal pelantikan itu mengatakan pihaknya juga baru mendapatkan informasi itu. Sebelumnya, kata Dr HAS Tamrin, ada informasi terkait jadwal pelantikan hasil pilkada serentak 2018 tapi sumbernya tidak resmi yaitu gubernur dan wagub Sultra akan dilantik tanggal 17 September, sementara walikota-wawali Baubau dilantik tanggal 20 September 2018.

“Lalu ada lagi informasi lain juga tidak resmi sumbernya yaitu gubernur-wagub dilantik tanggal 20 September 2018, sementara walikota-wawali dilantik tanggal 27 September. Tiba-tiba kemarin saya dapat informasi bahwa gubernur-wagub Sultra dimajukan pelantikannya tanggal 5 September 2017, sementara Waliko-wawali Baubau dilantik tanggal 12 September 2018,” tuturnya.

Karena itu bukan informasi yang tidak pasti, lanjutnya, maka Dr HAS Tamrin pun mengkonfirmasi kebenaran jadwal pelantikan Walikota-Wawali Baubau ke biro hukum kementrian dalam negeri (Kemendagri) melaluji pesan whatsapp dan dijawab sudah betul.

“Meskipun itu bukan informasi melalui surat resmi, tapi rasa-rasanya informasi dari kemendagri itu sudah betul bahwa pelantikan walikota-wawali Baubau terpilih periode 2018-2023,” ucapnya.

Menurut Dr HAS Tamrin, Presiden Ir Jokowidodo akan melantik Gubernur-Wagub Sultra di Jakarta, sementara walikota dan bupati akan dilantik oleh gubernur di daerahnya masing-masing. Bearti untuk Provinsi Sultra yang dilantik gubernur adalah walikota Baubau dan bupati konawe, sementara bupati kolaka menyesuikan dengan selesai masa tugasnya.

“Saya memang mengharapkan kepada Bapak Gubernur Ali Mazi, bila pusat memberikan ruang dan mandat memungkinkan walikota-wawali dilantik di Baubau maka saya tetap mengusulkan ke Pak Gubernur agar kami bisa dilantik di Kota Baubau di Baruga Keraton. Sampai saya bergurau kepada beliau bahwa Pak Nur Alam pada periode lalu melantik dirinya di Baruga Keraton, Pak Gubenur Ali Mazi juga mungkin bisa mempertimbangkannya,” katanya.

Bila Gubernur Ali Mazi berkenan melantik pihaknya di Baruga Keraton Buton, maka masyarakat akan senang dan merasakan kesakralan pelantikan Walikota-Wakil walikota Baubau oleh Gubernur Sultra. Selain itu, lanjutnya, akan memupuk kekompakan masyarakat Kota Baubau. (AT/istimewa)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This