Pembangunan PLTMG Kolese Didominasi Pekerja Lokal

image_pdfimage_print

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Sebanyak 168 orang tenaga kerja lokal bekerja pada pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) 30 Mw di Kelurahan Kolese Kecamatan Lealea. Dengan kata lain tenaga kerja lokal mendominasi dibanding tenaga kerja asing (TKA) yang berjumlah 34 orang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau, Zarta saat ditemui Rabu (12/09) menyebutkan, tenaga kerja lokal berasal dari Kota Baubau dan beberapa berasal dari luar daerah seperti pulau Jawa. Posisi yang di tempati pekerja lokal mulai dari security, staff lokal, driver, operator alat berat, pekerja pembangunan, hingga office boy.

“Jadi pekerja lokal masih mendominasi. Berdasarkan data kami, pekerja pembangunan sebanyak 114 orang, security empat orang, operator 10 orang, penerjemah tujuh orang, driver enam orang, staff lokal 12 orang, pengangkut material 14 orang dan office boy satu orang,” paparnya.

Sementara itu, 34 orang TKA yang bekerja pada pembangunan PLTMG tersebut sebagian berasal dari China. TKA menduduki posisi sebagai teknisi, mandor, insinyur, hingga supervisor. Terdapat TKA dari India sebanyak dua orang.

“Data ini kami dapat dari manager di perusahaan itu,” akunya.

Menurut Zarta, masih terdapat empat orang TKA yang belum memiliki berkas lengkap. Pihaknya meminta kepada pihak perusahaan untuk segera melengkapi berkas para TKA yang bekerja pada pembangunan PLTMG di Kolese.

“Ada surat dari Kementerian Tenaga Kerja maupun visa tinggalnya belum dilengkapi. Keterlambatannya mungkin karena ada halangan, namun secepatnya harus dilengkapi,” tutupnya.

Jika tidak dilengkapi, maka pihaknya akan mengambil tindakan. Tim Dinas Tenaga Kerja dalam hal ini akan bergabung dengan tim 9 untuk melakukan inspeksi di lapangan.

“Kalau sudah keterlaluan maka kami harus bergabung dengan tim 9 untuk turun lokasi.
Kami tidak dapat mengambil tindakan sendiri pengambil kebijakan adalah tim 9,” tutupnya.

Untuk diketahui, PLTMG berdaya 30 Mw itu jika rampung, nantinya dapat memasok kebutuhan kelistrikan meliputi Baubau, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Muna dan Muna Barat. (**)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This