Sekda Harap 1 Muharram Jadi Momen Perubahan Lebih Baik

image_pdfimage_print

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr Roni Muhtar MPd berharap, momen 1 Muharram 1440 H dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat Kota Baubau untuk menjadi lebih baik. Pelanggaran-pelanggaran dapat diminimalisir.

“Harusnya pemaknaan semua kalangan masyarakat Baubau harus ada upaya perubahan dari yang kemarin. Tahun baru harus kita jadikan momentum harus berubah ke arah yang lebih baik sesuai pesan leluhur kita,” katanya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dirinya mencontohkan beberapa pelanggaran yang biasa dilakukan masyarakat Baubau. Mulai dari menebar fitnah, berita bohong, ujaran kebencian, menerobos lampu merah, hingga membuang sampah sembarang.

“Kita harus berubah agar tidak lagi seperti itu, apalagi kita akan punya pemimpin baru,” ujarnya.

Seharunya orang kata dia, orang Buton harus mengamalkan sara patanguna yang telah diajarkan para leluhur. Menerapkan nilai luhur pobhinci-bhinciki kuli maupun rasa nasionalisme orang Buton yakni bolimo arata somanamo karo, bolimo karo somanamo lipu, bolimo lipu somanamo sara dan bolimo sara somanamo agama.

“Kita harus coba lakukan perenungan dan perubahan itu harus kita mulai dari diri kita masing-masing, misalnya kami ASN bekerja sesuai tupoksinya,” pungkasnya. (**)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This