DPMD Butur Gelar Sosialisasi P2KTD

 

Peliput: Darson

BURANGA, BP- Dalam rangka meningkatkan inovasi desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) dan rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TID) di Hotel Mulia Kulisusu, Kamis (13/9).

Sosialisasi dan rapat koordinasi dibuka langsung oleh Bupati Butur Abu Hasan didampingi Kadis DPMD Butur La Ode Muh Syafri bersama tim gabungan organisasi perangkat daerah teknis inovasi desa.

Peserta kegiatan diikuti oleh Tim Inovasi Kabupaten 8 orang, TPID 12 orang, pendamping desa 10 orang, dan pendamping lokal desa 20 orang. Rencananya kegiatan ini diselenggarakan tanggal 12 sampai 15 September 2018.

Tujuan kegiatan yakni dapat meningkatan kapasitas teknis desa, meningkatkan kapasitas tim inovasi kabupaten TPID, pendamping desa dan pendamping lokal desa terhadap program inovasi desa, serta tersusunya rencana tindaklanjut di masing-masing tim.

Dalam sambutanya, Bupati Butur Abu Hasan menegaskan, di desa harus ada kepemimpinan yang memiliki visi untuk meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Tidak ada kesejahteraan kalau tidak ada peningkatan pendapatan. Tudak ada peningkatan kalau tidak mampu mengkapitalisasi program-program unggul yang ada di desa,” kata Abu Hasan.

Hal seperti itu, terang mantan Karo Humas Pemprov Sultra ini bisa saja terus menerus terjadi kalau potensi-potensi yang ada di desa tidak bisa dikapitalisasi.

Oleh sebab itu, sambung dia, setiap era selalu ada upaya untuk menjadikan desa itu sebagai basis ekonomi permanen dengan menghadirkan koperasi-koperasi dan usaha-usaha lainnya.

“Jadi di desa harus ada kepemimpinan, apakah kepemimpinan formal atau non formal. Harus ada figur-figur di desa untuk mendorong akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat, “tuturnya.

Abu Hasan mengharapkan dengan selesainya kegiatan tersebut, kedepanya semakin membaik perekonomian dan pembagunan di desa. “Kita juga berharap dengan adanya program membangun desa di Buton Utara semakin inovatif sehingga akan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa, “harapnya. (*)