Tim Inovasi Kabupaten Fasilitasi Rakor Pelaksana Program

 

Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Tim Inovasi Kabupaten (TIK) pada program inovasi desa di Kabupaten Wakatobi memfasilitasi kegiatan sosialisasi dan rapat koordinasi antara pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3A dan PMD) selaku leading sektor dengan Tim pelaksana Inovasi Desa.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari (9 – 12 September 2018) tersebut, guna melakukan sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas desa (P2KTD). Dengan mengusung tema Inovasi mewujudkan Desa Bersinar.

Kepala Dinas P3A dan PMD Kabupaten Wakatobi, H La Ode Husnan, mengatakan Pemkab Wakatobi telah meletakkan dasar-dasar kebijakan melalui visi misi yaitu menjadikan Wakatobi sebagai Kabupaten Maritim yang Sejahtera dan Berdaya Saing.

“Daya saing daerah harus ditopang oleh kemampuan SDM daerah yang kompoten dan kapabel. Sehingga mampu melahirkan sebuah perubahan melalui program dan kegiatan nyata yang kreatif dan inovatif dan mampu menjawab semua persoalan yang ada,” kata La Ode Husnan.

Menurut La Ode Husnan, Pemkab Wakatobi melalui Tim Inovasi Kabupaten yang terdiri dua Kelompok Kerja (Pokja) kiranya dapat melakukan hal-hal sebagai tindak lanjut pelaksanaan program.

“Tentunya harus koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan kegiatan inovasi di Kabupaten Wakatobi, Pengendalian pelaksanaan kegiatan Inovasi di Kabupaten, Memberikan dukungan terhadap pengelolaan pertukaran pengetahuan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ucapnya.

Jumiadin, salah seorang Tenaga Pendamping Profesional yang juga Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Wakatobi mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan salah satu kegiatan Tim Inovasi Kabuapten Wakatobi yang dibentuk sejak 25 Juli 2018. Berdasarkan SK Bupati Wakatobi Nomor 386 Tahun 2018.
Kegiatan lain yang akan dilakukan oleh TIK dalam Program Inovasi Desa lanjut Jumiadi, adalah Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa, Pelatihan Tim Pelaksana Inovasi Desa yang akan dipusatkan di ibu kota Kabupaten serta Pelatihan Tim Inovasi Kabupaten yang akan di selenggarakan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hadir juga dalam dalam kegiatan itu yakni Satker Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai Supervisi untuk memantau dan memastikan bahwa kegiatan Sosialisasi dan Rakor Tim Inovasi Kabupaten Program Inovasi Desa Kabupaten Wakatobi berjalan sesuai dengan petunjuk yang ada. (*)