Desa Liabalano Wakili Muna Lomba Penilaian 10 Program PKK

image_pdfimage_print

 

Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Desa Liabalano, Kecamatan Kontunaga mewakili Kabupaten Muna dalam mengikuti lomba penilaian 10 program PPK yang diikuti Kabupaten/Kota di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bupati Muna, LM Rusman Emba dalam sambutannya,(13/09) di Desa Liabalano berharap ibu Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) , Agista Ariany Ali Mazi hadir dalam penilaian lomba 10 program PKK Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2018 di desa Liabalano. Namun karena ada kesibukan lain sehingga beliua tidak sempat hadir. Masyakat Liabalano dalam mengikuti lomba penilaian 10 program PKK sangat antusias, dalam program ini telah lama diterapkan dalam kehidupan masyarakat.

Semangat masyarakat Liabalano dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari dulu terbangun, hanya saja perlu mendapat apresiasi dalam bentuk penilaian dari tim Provinsi Sultra.

“Kami yakin bisa menjadi yang terbaik dalam penilaian 10 program PKK,” katanya.

Sementara itu Ketua Tim Provinsi Sultra, Ir Hj Leomo Bahrun mengungkapkan kegiatan penilaian 10 program PKK bukanlah hal baru, namun merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten hingga tingkat Provinsi.

“Pemenang lomba ini akan mengikuti tingkat nasional, kegiatan lomba untuk melihat seberapa besar pencapaian 10 program PKK,” ucapnya.

Selain itu, ia menjelaskan penilaian ini untuk memotivasi masyarakat dan kader PKK agar lebih besemangat dalam menjalankan program PKK.

Ia juga menyebutkan, terdapat lima jenis lomba yang dinilai. Diantaranya tertib administrasi PKK meliput administrasi data wisma dan pokja-pokja, pelaksana terbaik asuh anak dan remaja, lomba UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PKK, lomba pemanfaatan pekarangan dan lomba IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat)

“Lomba IVA tes melihat kerja PKK dalam mengerakan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan secara dini kanker mulut rahim, sebab penyakit ini banyak diderita para ibu-ibu” tambahnya.

Selain melakukan penilaian, tim juga melakukan pembinaan. Jika belum adanya kepuasaan menjalankan program PKK maka akan dilakukan pembinaan kembali.(*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This