Pemkab Butur Upayakan Pembentukan Polres, Kejari dan Kodim

image_pdfimage_print

Peliput: Darson

BURANGA,BP – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) terus berupaya untuk menghadirkan instansi Polres, Kejari dan Kodim. Usaha tersebut dilakukan, mulai dari penyediaan lahan untuk rencana pembangunan kantor, hingga persiapan gedung yang sementara telah disiapkan.

Dari tiga instansi yang diusulkan, pihaknya sudah mendapat respon positif. Belum lama ini, lahan yang disiapkan untuk Polres, Kodim, dan Kejari, sudah ditinjau oleh masing-masing instansi terkait.

Sekedar informasi, sejak menjadi daerah otonomi baru 11 tahun silam, di Butur belum terbentuk Polres, Kejari, Kodim. Untuk urusan instansi-instansi tersebut masih bergantung dengan Kabupaten Muna.

Bupati Butur Abu Hasan ditemui di kantornya, kemarin mengatakan, selain ketiga instansi itu, kini tengah menyusun rencana pembangunan pengadilan dan rumah tahanan. Sebabnya, kedua lembaga ini harus terbentuk berbarengan dengan hadirnya Kejari di Butur.

“Pengadilan juga minimal kita punya gedung sidang. Supaya persidangannya di sini, kemudian penuntutnya juga di sini, kemudian kalau mau ditahan, juga ditahan di sini,” kata Abu Hasan.

Abu Hasan mengakui, masih akan berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM terkait dengan pembangunan rutan, dan Mahkamah Agung terkait dengan pengadilan.

“Saya sudah bersurat ke Kemenkum HAM dan Mahkamah Agung. Kita tinggal tunggu kelangsungannya,” imbuhnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This