Pesta Rakyat, Kabupaten Muna Sajikan 17 Jenis Makanan Khas

image_pdfimage_print

 

Peliput: Iman Supa – Editor: Fardin JS

RAHA, BP – Kabupaten Muna ikut andil dalam kegiatan pesta rakyat kande-kandea yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sultra. 17 jenis makanan khas Kabupaten Muna disajikan dalam kegiatan itu.

Ketua TP PKK Sitti Mardiana Hardyanto bersama anggotanya dari desa se-kecamatan Lasalepa, mengatakan pesta rakyat untuk sukuran terpilihnya Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas, kabupaten Muna menyajikan 17 jenis makanan isi haroa.

“Pesta rakyat yang diselenggarakan oleh pemerintah Sulawesi Tenggara, semoga acara Kande-kadea terus dilakukan,” ucapnya.

Dalam penyajian isi haroa, menurutnya tidak memiliki kesulitan namun saja berburu dengan waktu. Proses pengerjaannya sudah dilakukan sejak dini hari hingga siang hari.

“Masakan Muna memiliki rasa dengan cIri khasnya tersendiri. Resep ini yang turun temurun dari orang tua dulu yang bahan kebanyakan dari gula merah dan kaowei (Kelapa Goreng). Masakan isi haroa beda dengan masakan lain, bedanya enak, gurih dan tidak bosan dicicipi.

Kata dia 17 macam makanan yang disajikan yakni Lapa-lapa, Ketupat Gambi (Lapa-lapa yang dilapis empat daun), Ayam Kaowei (Ayam yang dimasak pake santan yang dicampur dengan kaowei (Kelapa Goreng), Kasiu Kandara (Ayam yang dimakan yang campurkan Kaowei sampe kering terus dipangganh), Kadonte Kandara (Daging sapi yang dimasak dengan menggunakan santan lalu dicampung dengan kaowei sampai kering), Telur Singganga (Telur yang direbus lalu dibuka kulitnya kemudian digoreng).

Selain itu juga ada telur rebus, Sirkaya (berbahan dari telur, gula merah dan santan yang disajikan di cangkir), Baje (beras kentang yang dimasak dengan santan dan gula merah yang dimasak sampe kental),Dodol (Tepung kentang yang halus yang dicampur dengan gula merah dengan dikasi panas dengan minyak lalu aduk sampai masak, Ngkea-Ngkea (Pisang yang direbus yang dicampur dengan gula merah dan dicampur tepung), Mbalo-mbalo (Tepung ketang yang dicampur dengan air dengan mentega), Pisang Goreng, Nasi beras, Kadu mina (Beras ketang yang dimasak dengan menggunakan santan dan kunyit setelah masak dimasak ayam goreng) dan terakhir pisang raja. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This