CPNS Urus Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Terapkan Pelayanan Ekstra

image_pdfimage_print

 

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Utara (Butur) menerapkan pelayanan ekstra selama masa pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Para calon aparatur sipil negara itu kebanyakan mengurus berkas kependudukan, baik e-KTP, kartu keluarga (KK) dan akte kelahiran.

Kepala Disdukcapil Butur Asri ketika ditemui di ruang kerjanya, kemarin mengatakan, terbukanya rekrutmen CPNS mengakibatkan jumlah warga yang mengurus KTP-e meningkat dibandingkan hari biasanya.

“Kami memberikan pelayanan ekstra untuk melayani masyarakat yang datang mengurus kartu tanda penduduk eletroniknya dan keperluan lainnya. Pekerjaan belum tuntas dikerjakan siang hari, dilanjutkan pada malam hari,” kata Asri.

Mantan Sekwan DPRD Butur ini menjelaskan, selain itu yang membuat banyak masyarakat datang ke Disdukcapil disebabkan menjelang pemilu 2019, yang salah satu syarat bisa menyalurkan hak pilihnya harus mengantongi KTP-e.

Asri menerangkan, Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan ultimatum akan memblokir data kependudukan jika masih ada masyarakat belum merekam kartu tanda penduduk elektronik hingga Desember 2018 mendatang.

“Kami sudah turun ke desa-desa melayani. Bahkan kita surati agar datang merekam,” tegasnya.

Asri menambahkan, stok blanko e-KTP aman. Hanya saja, stok tinta ribon tinggal satu. Proses pemesanan telah dilakukan 9 botol. “Satu botol hanya bisa mencetak 350 keping KTP elektronik. Server pernah mengalami kerusakan, tapi sudah diganti dengan yang baru, “terang Asri. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This