DPMD Muna Harapkan Penggunaan DD Lebih Dioptimalkan

image_pdfimage_print

Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muna mengelar Program Inovasi Desa. Dalam kegiatan itu diharapkan 124 desa dalam menggunakan Dana Desa (DD) lebih dioptimalkan, Jum’at (28/09) lalu.

Kepala Dinas DPMD, Darmansyah mengharapkan kegiatan itu bertujuan sebagai ajang untuk mengembangkan inisiatif kemajuan desa. Selain itu pula lebih mengarah untuk pertukaran informasi menuju pengembangan-pengembangan desa serta mengoptimalkan keuangan desa.
Kata dia, agar pemerintah desa lebih fokus pada pembangunan infrastruktur maupun peningkatan kewirausahaan dan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat lebih dirtingkatkan pada pengelolaan komunitas unggulan jambu mente dan jagung.

“Rumah produksi yang di bangun di Kecamatan Kontunaga digunakan untuk mengelolan jambu mente maupun jagung dengan tujuan pembangunan ini untuk menarik perhatian para investor,” katanya.

Anggota Komisi V DPR RI, Ir. Ridwan Bae dalam kegiatan itu menambahkan kegiatan inovasi desa diharapkan kepala desa dapat berinovasi dalam penggunaan dana desa. Setiap tahun, desa mendapatkan anggaran sebesar Rp 1 Milyar. Saat ditotalkan dari 124 desa di Kabupaten Muna mencapai Rp 180 Milyar dan jika anggaran sebesar itu tidak mampu dikelola atau tidak berinovasi pengelolaan keuangannya tidak berhasil.

“kunci menuju sukses yakni mengenali diri sendiri begitupula dengan desa. Kepala Desa harus bisa mengenali potensi yang ada didesa sehingga masyarakat bisa sejahtera,’ ungkapnya.

Ia mengharapkan masyarakat Muna mendukung kinerja pemerintah demi kemajuan daerah.

Ditempat yang sama Bupati Muna, LM Rusman Emba mengungkapkan kedatangan anggota Komisi V DPR RI dapat memberikan kebijakan dalam mendukung program perencanaan pembangunan di Kabupaten Muna.

“Kedatangan anggota DPR RI dapat memberi kebijakan untuk pembangunan Muna, Dengan adanya kegiatan inovasi desa dapat memberi pengaruh dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” Singkatnya. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This