Perpustakaan Cinta Baca Buka Cabang Baru di Buton

 

Peliput: Arianto W

PASARWAJO, BP – Perpustakaan Cinta Baca cabang Baubau, bakal meresmikan dua posko baca di Kabupaten Buton. Guna, mendekatkan masyarakat pada sumber reverensi penunjang ilmu pengetahuan.

Koordinator lapangan (Korlap) Taman Baca Pasarwajo, Yustar Sidabone saat dikonfirmasi Baubau Post, Senin (01/10), mengatakan sebelumnya jumlah posko yang tersebar dilingkup wilayah Buton Induk sebanyak tujuh posko. Akan tetapi saat ini sudah berkurang tiga, sehingga menjadi empat posko.

“Sebenarnya ada tujuh, namun karena tiga posko lain tidak bisa mengelolah posko baca dengan baik, maka saya tutup saja,” jelasnya.

Untuk itu, mewakili kepala perpustakaan taman baca Baubau, ia kembali membuka dua posko baca di dua Kecamatan, yakni Pasarwajo dan Lasalimu Selatan. Namun saat ini belum dapat diresmikan, karena masih ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi salah satunya dengan membagi formulir persetujuan masyarakat minimal 100 orang.

“Kita harus menyebarkam formulir persetujuan masyarakat akan pengadaan posko baca. Sekarang sudah mencapai 30 orang,” ungkapnya.

Dikatakannya, tanggapan masyarakat setempat sangat positif dan mendukung pengadaan posko baca itu. Sebab, sumber reverensi yang disediakan tidak hanya untuk anak usia dini melainkan juga untuk kalangan remaja.

“Rata-rata mereka mendukung karena sumber reverensi yang disiapkan juga dapat digunakan oleh masyarakat dewasa,” tutupnya (#)