RKB di SDN 2 Bataraguru dan SDN 3 Katobengke Masih Kurang

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP – SDN 2 Bataraguru dan SDN 3 Katobengke memerlukan penambahan Ruang Kelas Belajar (RKB) untuk mencukupi jumlah Rombongan Belajar (Rombel) yang terdaftar.

Kepala SDN 2 Bataraguru, Nasriah SPd SD, saat dikonfirmasi Baubau Post, Selasa (25/09), mengatakan jumlah siswa baru pada tahun lalu sebanyak 71 siswa, sedangkan ditahun ajaran baru 2018/2019 jumlah siswa baru merosot menjadi 60 siswa. menurunnya jumlah peserta didik baru di SDN 2 Bataraguru disebabkan minimnya fasilitas RKB di sekolah.

Jumlah rombel yang tercatat sebanyak 16 rombel, sedangkan ruang kelas yang tersedia hanya 10. Terpaksa pihak sekolah mengurangi jumlah rombel yang sebelumnya tiga, menjadi dua rombel saja.

Selain itu, ia juga berkeinginan untuk menerapkan program Full Day School disekolahnya. Namun sampai saat ini belum terlaksana karena minimnya jumlah RKB dan tenaga pendidik di sekolah. Ia telah mengusulkan pengadaan ruang kelas baru di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Baubau, namun belum mendapatkan tanggapan.

“Kami minta pihak yang berwanang untuk penambahan ruangan sebanyak enam kelas,” tutupnya

Hal senada diungkapkan kepala SDN 3 Katobengke Sukmawati. Ia telah mengusulkan delapan ruangan baru untuk didirikan di sekolahnya. Bangunan itu meliputi, ruang dewan guru, UKS dan enam ruang kelas belajar. Hingga saat ini, pihak sekolah belum mendapatkan tanggapan dari pemerintah terkait dan akan kembali diusulkan.

“Saya sudah usulkan pengadaan gedung baru karena kami kekurangan jumlah RKB, ruang UKS dan ruang dewan Guru. Kelas tiga, empat dan lima masih kekurangan dua ruangan, jadi total keseluruhan sebanyak enam ruangan,” ujarnya.

Ia berharap agar usulan pengadaan gedung dapat direalisasikan pemkot Baubau. Guna menunjang kebutuhan SDM yang diperlukan.(#)

Pin It on Pinterest