Ciptakan Destinasi Wisata Halal Ketua DPRD Wakatobi Puji Masyarakat Desa Timu

Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wakatobi, Muhamad Ali, mewakili Bupati Wakatobi H Arhawi meletakkan batu pertama pembangunan Mushola Terapung di Desa Timu Kecamatan Tomia Timur, Senin (8/10).

Peletakkan batu pertama pembangunan Mushola Terapung tersebut dirangkai dengan lounching wisata Halal Desa Timu. Lokasi pembangunan Mushola dan lounching itu bertempat di pantai Desa Timu.

Muhamad Ali, dalam sambutannya mengatakan inisiatif program pemerintah dan masyarakat Desa Timu dalam menciptakan destinasi Wisata Halal di wilayahnya telah maju selangkah dibanding pemerintah dan DPRD Kabupaten Wakatobi.

“Pemerintah dan DPRD Kabupaten Wakatobi kalah satu langkah dari pemerintah dan masyarakat Desa Timu. Karena di Wakatobi yang dikenal dengan pariwisata, wisata Halal adanya hanya di Desa Timu,” kata Muhamad Ali.

Muhamad Ali, berjanji jika pemerintah dan DPRD Kabupaten Wakatobi akan mendukung penuh destinasi Wisata Halal dimaksud. Dukungan itu akan diwujudkan dalam bentuk membersihkan anggaran langkah awal.

“Kewajiban pemerintah dan DPRD Kabupaten Wakatobi akan mendukung penuh program ini. Kita upayakan dalam APBD perubahan tahun ini kita alokasikan sesuai ketersediaan anggaran,” janji Muhamad Ali.

Menurut Muhamad Ali, wisata Halal akan memberikan kontribusi positif terhadap pemerintah dan masyarakat Desa Timu pada khususnya dan Wakatobi pada umumnya. Pasalnya, selain memberikan nuansa tersendiri dimana wisatawan harus menggunakan sarung masuk ke lokasi wisata Halal. Masyarakat juga bisa mendapat nilai ekonomi.

“Ini tentu memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat. Karena harus banyak sarung tenun yang disiapkan. Dan wisata ini unik karena pertama di Wakatobi khususnya,” ujar Ketua DPRD Wakatobi.

Amatan Baubau Post, kegiatan dalam rangkaian Festival Pulau Tomia Soea tersebut, dirangkai dengan Peletakkan batu pertama pembangunan Mushola Terapung yang dihadiri tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan tokoh perempuan Desa Timu. (*)