Disnaker Bina Pimpinan dan Karyawan Badan Usaha Cara Negosiasi

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP – Mengantisipasi konflik antara pimpinan dan karyawan suatu badan usaha, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Baubau menggelar sosialisasi di salah satu hotel di Kota Baubau, selasa (09/10).

Kegiatan yang tujuannya merekatkan hubungan antara pimpinan dan karyawan di dalam badan usaha itu, dihadiri 60 perwakilan perusahaan se Kota Baubau.

Kepala Disnaker Kota Baubau melalui Kabid Hubungan Industrial dan Jamsostek, Wa Ode Asma menjelaskan materi urgen sosialisasinya. Diantaranya, memberi pemahaman kepada pimpinan dan karyawan badan usaha terkait mekanisme negosiasi.

“Dalam kegiaan ini kita mengajarkan cara-cara negosiasi antara pimpinan dan tenaga kerja guna mendapatkan kesepakatan,” ungkapnya.

Wa Ode Asma mencontohkan, jika terjadi Pemutuan Hubungan Kerja (PHK), maka akan terjadi hubungan tidak harmonis antara karyawan dengan pimpinan. Untuk itu, negosiasi sangat dibutuhkan.

“Misalhnya terjadi PHK, itu kita ajarkan bagaimana caranya untuk menego agar tidak terjadi tumpang tindih di dalamnya,” contohnya.

Dalam bernegosiasi, lanjut Wa Ode Asma, diperlukan mental dan kesiapan diri agar tidak terjadi kesalah pahaman antara pimpinan dan karyawan.

“Yang pertama itu harus menyiapkan mental, kesiapan diri, kemudian bahan gagasan atau ide kepada pimpinan,” paparnya.

Ia berharap, melalui sosialisasi itu, antara pimpinan dan karyawan menjalankan roda perusahaan dengan baik dan benar sesuai mekanisme. (*)