Ali Mazi dan Rajiun Diberi Gelar Kehormatan Adat

 

LAWORO, TRIBUN BUTON – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi SH dan Bupati Muna Barat (Mubar) Laode M Rajiun Tumada diberi gelar kehormatan adat oleh para tokoh adat Lembaga adat Mubar. Prosesi pemberian gelar kehormatan adat berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Mubar, Selasa malam (09/10).

Ali Mazi diberi gelar adat Sangia Barakati, dan Rajiun diberi gelar Sangia Mondolalo.

La Ode Alidin Pengurus Sarano Liwu (Lembaga Adat Mubar) meminta Ali Mazi dan Rajiun mempertangung jawabkan gelar tersebut.

“Harapan kita gelar itu dipegang teguh, dijalankan, dan diikuti sesuai perintah agama,” ungkapnya usai pemberian gelarl.

Atas pemberian gelar tersebut, baik Ali Mazi maupun Rajiun mengucapkan terima kasih kepada pengurus adat Sarano Liwu.

Ali Mazi mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan gelar adat itu.

“Saya sangat berterima kasih. Saya merasa terharu bangga melihat prosesi adat yang berlangsung ini. Semoga kearifan lokal peninggalan leluhur ini tetap terjaga di Mubar,” ucapnya.

Hal serupa disampaikan Rajiun. Kata dia, pihaknya berterima kasih atas gelar yang diberikan oleh tokoh-tokoh adat Sarano Liwu.

“Ya saya ucapkan terima kasih. Saya telah diberi gelar kehormatan adat dengan nama Sangia Mondolalo,” katanya.

Selain memberikan gelar adat kepada Ali Mazi dan Rajiun, Sarano Liwu juga menyematkan Mahkota Kehormatan kepada Agista Ariani Ali Mazi, dan Herlina Rajiun. Agista Ariani adalah Istri Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Herlina Rajiun ialah istri Bupati Mubar.
(# La Ode Safarudin)