Masyarakat Muna Antusias Peduli Korban Tsunami Palu dan Donggala

 

Peliput: Iman Supa

RAHA,BP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muna membuka posko untuk menampung pemberian bantuan terhadap korban tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala.

Kepala BPBD Kabupaten Muna, Ikbar Rifai saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (09/10), menjelaskan sejak dibukanya posko untuk korban tsunami di Palu, Donggala maupun di Sigi pada hari Senin lalu, kepedulian masyarakat sangat tinggi. Pemberian bantuan berasal dari masyarakat, sekolah, instansi, kesatuan pramuka maupun para komunitas.

Ia menyebutkan jenis bantuan yang masukn ke posko berupa pakaian, beras, indomie, aqua, maupun untuk kebutuhan anak kecil.

“Yang terkumpul semua terdiri dari 397 Karung pakaian campuran, beras 2 ton, indomie 500 dos, peralatan mandi 20 dos besar , aqua 300 dos, kebutuhan anak kecil 20 dos besar,” jelasnya.

Lanjutnya, Selain bantuan berbentuk barang, ada sebagian masyarakat memberikan dalam bentuk uang tunai.

“Ada yang memberikan bantuan berupa uang, namun kami belanjakan berupa pakaian maupun kebutuhan sembako,” lanjutnya.

Sementara itu, ada beberapa komunitas yang membangun posko ditempat lain. Namun setelah terkumpul bantuannya akan serahkan di posko BPBD.

“Rencananya hari kamis ini Pak Bupati Muna Rusman Emba yang melepas mobil untuk membawa bantuan kepada korban tsunami di Palu, Donggala dan Sigi,” tandasnya. (*)