Unidayan Tampilkan Produk Unggulan Fakultas

image_pdfimage_print

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP – Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau menampilkan sejumlah produk unggul keseluruhan Fakultas di stand pameran Baubau Expo 2018. Sebagai ajang untuk menunjukkan peningkatan produk institusi akademik di Kota Baubau.

Dosen Fakultas Teknik Informatika Dr Ir Muhamad Iradat Achmad ST MT mengatakan, sebagai bentuk partisipasi dalam HUT Kota Baubau, pihak kampus melibatkan seluruh Fakultas untuk memamerkan hasil kreatifitas, keterampilan dan beberapa produk unggulan. Diantaranya, sistem monitoring dan notifikasi kebakaran hutan.

Dikatakan, idealnya alat itu dipasang di kedalaman hutan dengan tujuan untuk mengetahui adanya indikasi kebarakan yang disebabkan perubahan suhu, kelembapan, potensi asap atau ada titik api. Kalau terjadi, maka sirine akan berbunyi sehingga kecenderungan api membesar bisa diantisipasi.

Selain itu, sepeda air yang memiliki kemampuan memutar baling-baling sebanyak 30 putaran hanya dengan satu kali mengayuh. Kemampuan mesin berjalan itu sampai 120 kilometer jauhnya. Kemudian Smart Traffic Light, yaitu teknologi lampu rambu lalulintas yang bisa bekerja dalam beberapa mode, berdasarkan putaran jarum jam serta kepadatan kendaraan.

Selanjutnya mesin Computer Numerik Control (CNC), yakni mesin industri pembuat baut serta komponen mobil. Mesin asli yang terjual ditoko-toko berharga Rp 500 ribu, namun berkat kreatifitas dan inovasi yang dihasilkan maka pembuatannya menggunakan cara manual dengan barang-barang bekas.

“Kami rancang mesin ini dengan menggunakan barang bekas dan hanya mengeluarkan agaran sebesar Rp 300 ribu saja. Tapi kualitasnya sama dengan mesin aslinya,” jelasnya.

Ditambahkan, partisipasi masyarakat cukup tinggi. Terlihat saat sejumlah kalangan anak-anak, remaja dan orang dewasa masuk untuk melihat dan menanyakan sejumlah produk ditampilkan. Untuk itu, masyarakat bisa mengetahui tingkatan kemampuan institusi akademik Unidayan di Kota Baubau.

“Partisipasi masyarakat dalam mempertanyakan fungsi dan manfaat sejumlah produk yang dipamerkan,” tutupnya (#)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This