Jelang Pemilu, Kemenag Dan KPU Gelar Dialog Bersama Forum Umat Beragama

image_pdfimage_print

Peliput: Duriani
WAKATOBI, BP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan sosialisai dan dialog dengan mengundang forum umat beragama di Kabupaten Wakatobi.
Kegiatan yang dihadiri langsung Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara dan Ketua KPU Wakatobi itu mengusung tema dialog forum komunikasi umat beragama tahun 2018 bertempat di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Wakatobi, Sabtu (20/10/2018).

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir, mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap dengan adanya dialog seperti ini bukan sekedar seremonial melainkan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita mencoba menghargai perbedaan untuk kita tidak berbeda, dan berbeda itu sebuah realitas yang bisa kita jadikan sebagai potensi untuk menyatukan kita,” ungkapnya usai kegiatan itu.

Dikatakannya, kegiatan itu melibatkan pihak KPU sehingga bisa melihat sisi lain dari anak bangsa sebagai penyelenggara pemilu. dimana penyelenggaraan pemilu bisa berindikasi pada suasana tidak kondusif.
“Suasana harmoni bisa terganggu di kalangan agama. Kita mencoba menghargai perbedaan untuk kita tidak berbeda dan berbeda itu sebuah realitas yang bisa kita jadikan sebagai potensi untuk menyatukan kita,” katanya.
Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Wakatobi, Abdul Rajab, menyatakan dengan kegiatan forum dialog antar umat beragama jelang pemilu ini bernilai positif. Mengingat dialog seperti itu bisa meminimalisir perpecahan atau konflik-konflik hingga permasalahan di masyarakat bisa di selesaikan dengan baik oleh para tokoh-tokoh agama.

“Harapan kami adalah tokoh agama menjadi penetralisir masalah apabila ada konflik horisontal di tengah-tengah masyarakat. Intinya tokoh agama harus menjadi rahmatan lil alaamin,” harapnya.

Amatan Baubau Post, kegiatan itu dirangkai dengan sesi tanya jawab. Sejumlah peserta dengan antusias meminta penjelasan kaitannya dengan penyelenggaraan pemilu maupun perbedaan pendapat dan pilihan dari sisi Agama.(*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This