Lahan SDN 3 Lamangga Belum Memiliki Legalitas Hukum

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP – Lahan SDN 3 Lamangga belum memiliki sertifikat kepemilikan tanah yang berlegalitas hukum. Akibatnya, peningkatan sarana prasarana (Sapras) bangunan baru tidak direalisasi Pemerintah Kota Baubau.

Plt Kepala Sekolah SDN 3 Lamangga Zaanu Asmal SPd mengatakan, sampai saat ini lokasi sekolah belum memiliki legalitas hukum, yakni tidak memiliki sertifikat kepemilikan tanah.

“Lokasi sekolah yang kami pijaki belum memiliki legalitas hukum,” jelasnya.

Namun dikatakan, bukan berarti tanah yang ditempati itu adalah miliki masyarakat setempat. Karena sampai saat ini belum ada masyarakat yang menyatakan bahwa tanah itu merupakan miliknya, dibuktikan dengan sertifikat tanah.

“Saat ini belum ada pihak sekolah ataupun pihak lain yang merasa menjadi pemilik tanah. Sebab, tidak ada yang memiliki bukti legalitas hukum,” ungkapnya.

Untuk itu, pihak sekolah tidak bisa mendapatkan dana bantuan renovasi gedung baru sampai permasalahan kepemilikan tanah segera terselesaikan. Maka dari itu, tanggung jawab kepemilikan tanah akan menjadi tugas penting kepala sekolah baru kedepannya. Sebab, saat ini kepala sekolah tetap telah selesai masa jabatannya dan digantikan oleh Plt.

“Usulan peningkatan sapras pembangunan sekolah tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dana bantuan karena selalu terganjal oleh masalah sertifikat tanah,” tutupnya (#)

Pin It on Pinterest