Satu Unit Rumah di Butur Ludes Terbakar

Pemilik Rumah Lupa Matikan Tungku

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Ditinggal berjualan, satu unit rumah milik Maliha (60) yang terletak di samping SDN I Wandaka,
Kelurahan Wandaka, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur) ludes terbakar, Selasa (23/10) sekira pukul 07.30 Wita.

Menurut warga setempat, pemilik rumah diketahui seorang janda yang rutinitasnya berjualan di Pasar Mina-Minanga Kulisusu.

“Tidak ada orangnya ini rumah, lagi di pasar menjual kasian. Tiba-tiba api membesar di bagian barat, padahal disekitarnya tidak ada yang bakar samapah. Kemungkinan ini di tempat memasaknya,” kata salah seorang saksi mata, Elvis (37).

Kondisi bangunan rumah panggung yang terbuat dari kayu, membuat api cepat merambat keseluruh bagian rumah. Beruntung petugas pemadam kebakaran cepat datang memadamkan hingga api tidak menyebar ke tempat lainnya.

Sementara itu, Kapolsek Kulisusu Kompol Ahali melalui press releasenya menerangkan, kejadian kebakaran itu pertama kali dilihat Elvis. Berdasarkan keterangan Elvis, awal mulanya api terlihat di bagian dapur sebelah kiri. Melihat kejadian tersebut saksi langsung berteriak minta tolong kepada warga sekitar untuk membantu memadamkan api.

“Selang beberapa menit datang pemadam kebakaran. Namun karena rumah tersebut terbuat dari papan dan atap terbuat dari atap nipa sehingga api dengan cepat melahab rumah tersebut dan tidak satu pun barang barang yang diselamatkan,” terangnya.

Korban sekitar pukul 06.30 Wita berangkat kepasar untuk berdagang sayur di Pasar Minaminanga. Dimana, sebelumnya korban memasak sarapan dengan menggunakan tungku, dan lupa mematikan kembali sisa api itu. “Sehingga perkiraan awal penyebab kebakaran akibat dari api tungku,” ujarnya.

Dilaporkan, tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, namun kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah, plus dokumen-dokumen penting lainnya. (*)

Pin It on Pinterest