Bawaslu Butur Mulai Tertibkan APK yang Tak Sesuai Zona Kampanye

image_pdfimage_print

Bawaslu Bersama KPU Dibantu Satpol PP Butur Turunkan Puluhan Baliho dan Spanduk Caleg

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Badan Pengawa Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Utara (Butur) mulai menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai dengan zona yang ditetapkan pihak KPU Butur. Dibantu dengan SatPol PP, berhasil menertibkan 21 baliho caleg, 25 spanduk caleg, 17 pamflet caleg serta lima bendera partai.
Komisioner Bawaslu Butur Munarsy, Kamis (25/10) mengatakan, hampir semua APK yang ditertibkan melanggar zona yang telah ditetapkan pihak KPU Butur. Bahkan, ada pamflet caleg yang ditempel di pohon-pohon.
“Dipasang di zona yang tak sesuai dan zona yang dilarang penempatan APK sesuai peraturan KPU,” katanya.
Munarsy mengungkapkan, penertiban tersebut dilaksanakan dengan lancar. Pasalnya, peserta pemilu melalui rapat bersama yang melibatkan semua pihak terkait baik KPU, Parpol maupun POL PP sudah mengetahui penertiban yang dilakukan.” Hal ini di lakukan demi tertibnya pelaksanaan kampanye melalui penyebaran alat peraga kampanye dan bahan kampanye,” ujarnya.
Peserta pemilu dalam melakukan pemasangan alat peraga kampanye, tutur dia harusnya sesuai dengan zona yang ditetapkan KPU Butur atau pekarangan rumah yang disertai dengan izin tertulis.
Olehnya itu, pihaknya mengimbau peserta pemilu agar dalam menyebarkan alat peraga kampanye dan bahan kampanye memperhatikan ketentuan dan tata aturan yang berlaku.” Ini penting, agar pelaksanaan Pemilu berjalan dengan baik dan sukses serta Pemilu yang berkualitas,” harap dia. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This