Dermaga Fery Kaledupa Ditarget Operasi Awal Tahun 2020

image_pdfimage_print

Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Pelabuhan penyebrangan kapal Fery di pulau Kaledupa Kabupaten Wakatobi ditargetkan beroperasi awal tahun 2020.

Dermaga kapal Fery yang akan menghubungkan pulau Kaledupa, Wangi-Wangi dan Lasalimu Kabupaten Buton itu, saat ini sementara proses pengerjaan. Dan direncanakan tuntas dalam dua tahap atau dua tahun anggaran.

“Pelabuhan Fery Kaledupa itu direncanakan dua tahap. Dan target pemerintah daerah dan pusat siap operasi minimal awal tahun 2020,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wakatobi, Drs Hariadin, di Wangi-Wangi Jumat (26/10).

Terkait tuntas dan tidaknya target pengoperasiannya, Hariadin mengatakan jika itu tergantung kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Yang pasti bahwa target pemerintah Kabupaten Wakatobi dan pemerintah pusat awal tahun 2020 sudah mulai operasi,” kata Hariadin.

\

Ditanyai terkait kepastian rute pelayaran, Hariadin menjelaskan jika saat ini fokus diproses penyelesaian pembangunan dermaga. Nanti setelah pembangunan dermaga tuntas, baru direncanakan rutenya.

“Kita belum tahu pasti bahwa dermaga Fery di Kaledupa ini akan dijadikan pelabuhan terakhir atau seperti apa. Namun yang jelas bahwa terkait rute itu urusan dibelakang setelah pembangunan dermaga tubtas,” jelasnya.

Untuk memastikan semua pulau di Wakatobi dilalui rute penyebrangan kapal Fery, Hariadin menambahkan jika tahun 2019 pemerintah pusat kembali membangun dermaga Fery di pulau Tomia dan Binongko.

“Pemerintah telah merencanakan semua pulau di Wakatobi akan dilayani kapal Fery. Sehingga pembangunan dermaga Fery di pulau Tomia dan Binongko akan dimulai tahun 2019. Dengan begitu, masyarakat dengan mudah melakukan perjalanan laut menggunakan fasilitas pemerintah yang tentunya lebih praktis dan murah,” tutup Hariadin. (*)

X

Pin It on Pinterest

X
Share This