Genjot Infrastruktur Pariwisata, Pemkab Wakatobi Intens Berkomunikasi ke Pusat

Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Kabupaten Wakatobi setiap tahun tidak pernah terlewatkan dengan hadirnya berbagai program pemerintah pusat. Baik itu berupa program fisik maupun pemberdayaan. Semua itu tentu tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen di daerah.

Bupati Wakatobi, H Arhawi SE, mengungkapkan jika tahun 2019 nanti Wakatobi berpeluang lagi mendapat kucuran dana pusat untuk berbagai program dari sejumlah Kementerian. Bahkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seringkali menghadiri undangan beberapa Kementerian untuk memperbaiki dokumen usulan program.

“Insya Allah, saat penetapan APBN 2019 di awal November ini sudah ada kepastian program apa saja masuk di Wakatobi. Karena selama beberapa minggu terkahir ini, ada beberapa OPD diundang berbagai Kementerian untuk memperbaiki dokumen usulan program yang masuk dalam RKPD,” ungkap Arhawi, di Wangi-Wangi Sabtu (27/10).

Menurut Arhawi, Wakatobi membutuhkan penataan infrastruktur kaitannya dengan dukungan terhadap pariwisata. Sehingga semua OPD yang dipimpinnya sudah menyampaikan hasil rumusan masing-masing kaitannya dengan program 2019 nanti.
“Semua OPD sudah disampaikan bahwa semua usulan rencana program 2019 harus dikawal. Dan mudah-mudahan yang diusulkan itu bisa dipastikan lolos dalam penetapan APBN 2019. Dan kita harus optimis bahwa usaha-usaha untuk mempercepat pembangunan infrastruktur bisa tercapai,” ucap Arhawi.

Arhawi, menambahkan jika pemerintah Kabupaten Wakatobi akan terus menggenjot pembangunan khususnya infrastruktur kaitannya dengan pariwisata. Hal itu dikarenakan Wakatobi masuk dalam kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

“Karena Wakatobi ini masuk dalam KSPN, maka tentu percepatan pembangunan infrastruktur menjadi tujuan utama. Kita akan berupaya agar DAK pariwisata dari pusat bisa bertambah dari tahun ke tahun. Termasuk membangun komunikasi dengan pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara kaitannya dengan APBD Provinsi,” ujar Bupati Wakatobi.